Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Pahami Efek Kanker Payudara Yang Telah Menyebar Pada Manusia

10 Januari 2021 09:25 WIB

SonoraBangka.id - Hampir 30 persen kasus kanker payudara yang telah didiagnosis pada stadium awal akan mengalami metastatic, hal ini menurut data breastcancer.org.  Metastatik atau disebut juga stadium IV adalah tanda kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain, seperti ke hati, otak, tulang, atau paru-paru.

Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor aslinya di payudara dan melakukan perjalanan ke bagian tubuh lain melalui aliran darah atau sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan jaringan besar dari kelenjar getah bening dan pembuluh darah yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri, virus, dan produk limbah seluler.

 

Bagaimanakah proses metastatik kanker payudara?

Kanker payudara dapat menyerang dan tumbuh ke dalam jaringan yang mengelilingi payudara. Selain itu, kanker payudara juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan membentuk tumor baru di jaringan tersebut. Hampir semua jenis kanker memiliki kemampuan untuk menyebar (termasuk payudara), tetapi potensi dan kecepatan penyebaran setiap jenis kanker berbeda-beda.

 

Ada 3 cara penyebaran kanker payudara, yaitu:

  1. Menyebar dari payudara ke area sekitarnya seperti kelenjar getah bening di bawah lengan atau dekat tulang selangka.
  2. Sel kanker dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah ke area lain di tubuh.
  3. Sel kanker juga dapat bergerak melalui sistem kelenjar getah bening ke bagian lain dari tubuh.

 

“Setiap kanker berbeda, tetapi jenis kanker payudara yang Anda alami biasanya berperan dalam seberapa agresif atau lambatnya kanker itu dan di mana kemungkinan besar penyebarannya,” kata ahli onkologi Erin Roesch, dilansir dari Cleveland Clinic.

 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm