Ilustrasi
Ilustrasi ( doyanresep.com)

Wajik, Jajanan Tradisonal Yang Manis Legit Dan Awet Selama 2 Minggu

10 Januari 2021 11:27 WIB

SonoraBangka.id - Wajik adalah camilan manis yang biasanya disajikan di acara besar seperti pernikahan di beberapa daerah. Wajik juga merupakan jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan, santan, dan gula. Jika diolah dan dikemas dengan baik, jajanan ini bisa tahan lebih kurang 2 minggu.Wajik memiliki rasa manis yang legit. Rasa manis yang mendominasi ini bisa menjadi pengawet alami. Ikuti cara membuat wajik yang gampang dari buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia Wajik, Dodol, & Jenang untuk Antaran” (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep wajik

Bahan:

  • 1 kg beras ketan yang baru dan baik
  • 3 butir kelapa tua (parut dan jadikan santan 1000 ml)
  • 750 gram gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 5 lembar daun pandan, simpulkan
  • Minyak goreng, untuk mengoles loyang/cetakan
  • Daun pisang/alas plastik
  • Jika ingin membuat dengan variasi warna, tambahkan dalam adonan 100 ml larutan pewarna alami bila suka.

Cara membuat wajik

  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam selama 2 jam lalu tiriskan.
  2. Kukus beras ketan di dandang selama lebih kurang 40 menit (setengah matang), angkat dan dinginkan.
  3. Panaskan santan, gula pasir, daun pandan, dan garam di wajan dalam antilengket masak dalam api sedang sambil diaduk agar santan tidak pecah masak hingga tinggal setengah dan kental.
  4. Masukkan ketan yang sudah dikukus, aduk kembali hingga santan terlihat menyatu dengan beras ketan dan mengering, angkat.
  5. Isikan ke dalam loyang/cetakan yang dialasi plastik yang sudah diolesi minyak, ratakan sampai padat dan dinginkan.
  6. Hidangkan dengan dipotong-potong.

Catatan: Agar wajik awet hingga berminggu-minggu, kemas/bungkus dalam plastik tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari agar udara tidak masuk. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Wajik, Jajanan Klasik yang Tahan sampai 2 Minggu ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/10/071316375/resep-wajik-jajanan-klasik-yang-tahan-sampai-2-minggu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm