Ilustrasi seat belt (www.oralanswers.com)
Ilustrasi seat belt (www.oralanswers.com) ( kompas.com)

Sabuk Pengaman Umurnya Panjang, tapi Kalau Tak Dipakai Bikin Umur Pengendara Bisa Pendek

10 Januari 2021 19:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Sabuk pengaman atau safety belt mempunyai peran yang sangat vital pada kendaraan, untuk menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Seperti contoh banyaknya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa, bisa dijadikan pelajaran bagi semua pengguna kendaraan untuk memahami pentingnya menggunakan sabuk pengaman. Jaga kondisi sabuk pengaman sehingga bisa berfungsi optimal saat digunakan.

Bila sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan atau perbaikan ke bengkel.

Mengingat, fungsinya yang cukup penting dari sabuk pengaman adalah mengantisipasi terjadinya benturan yang lebih fatal saat kecelakaan terjadi.

Anjar Rosjadi dari Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, pada dasarnya sabuk pengaman atau seat belt tidak membutuhkan perawatan seperti komponen mobil yang lainnya.

Akan tetapi, bila sabuk pengaman ada kendala seperti tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan hal itu perlu dilakukan pengecekan.

“Selama sabuk pengaman bisa berfungsi normal tidak perlu dilakukan perawatan. Tetapi, jika terjadi masalah seperti tidak mau menarik lagi baru dilakukan pengecekan kondisi roll di dalam pilar,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Kalau setelah dilakukan pengecekan, kemudian ditemukan adanya kerusakan maka perlu dilakukan penggantian. Sehingga fungsi sabuk pengaman bisa kembali seperti sedia kala.

“Untuk perawatan sabuk pengaman tidak perlu dilakukan. Itu biasanya tahan lama seperti usia mobil,” ucap Didi.

Tetapi, lanjut Didi bila sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya kemungkinan ada kerusakan pada pegasnya. Hal itulah yang menyebabkan sabuk pengaman tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komponen Ini Umurnya Panjang, tapi Kalau Tak Dipakai Bikin Umur Pengendara Bisa Pendek", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/10/110100915/komponen-ini-umurnya-panjang-tapi-kalau-tak-dipakai-bikin-umur-pengendara.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm