Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock.com)

Mertua Terlalu Mencampuri Urusan Keluarga ? Ini yang Harus Dilakukan

11 Januari 2021 14:21 WIB

SonoraBangka.id - Terkadang, mempunyai orangtua kedua atau mertua memang gampang-gampang susah.

Selain perbedaan karakter, sikap, prinsip, budaya dan jenjang usia, membangun hubungan yang harmonis antara mertua dengan menantu memang bukan perkara yang gampang.

Tak jarang, yang terjadi adalah mertua kadang cenderung ikut campur mengenai pernikahan anaknya. Hal ini pun bisa membuat ‘perang dingin’ antara menantu dan mertua.

Butuh dari sekedar basa-basi dan pemberian fasilitas untuk menciptakan hubungan yang baik antar keduanya.

Efek lanjutnya adalah akan tercipta jarak bahkan tak sedikit yang malas bertemu mertua.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika mertua terlalu ikut campur urusan rumah tangga kita? Ini tips dari psikolog Ayoe Sutomo.

1. Komunikasi via suami

Kita harus bisa berkata jujur pada pasangan hal apa saja yang membuat kita tidak nyaman dengan perlakuan atau sikap mertua.

Jangan sampaikan langsung pada mertua, tapi jadikan suami sebagai jembatan komunikasi untuk menyaring perkataan yang menyinggung dan lain sebagainya.

Ini penting demi mencegah konflik yang lebih besar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm