Ilustrasi
Ilustrasi ( blog.tokowahab.com)

Agar Tidak Cepat Mengering, Berikut Tips Menyimpan Kulit Pangsit

11 Januari 2021 14:40 WIB

SonoraBangka.id - Kulit pangsit terbuat dari campuran tepung terigu, telur dan air yang bisa membuatnya cepat mengering, jika terpapar udara. Oleh karena itu tidak boleh asal saat menyimpannya. Kulit pangsit banyak dijual di supermarket atau pasar tradisional, kulit pangsit siap pakai yang dibungkus dalam plastik. Umumnya, kulit pangsit biasanya digunakan sebagai bungkus membuat pangsit atau siomay. Agar tidak cepat mongering, jika kamu memiliki kulit pangsit yang kamu pakai masih tersisa beberapa lembar, berikut tips menyimpan kulit pangsit dilansir dari Yummy yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara simpan kulit pangsit
Sebisa mungkin untuk langsung menyimpannya di freezer setelah membeli kulit pangsit siap pakai, tanpa perlu membukanya. Kulit pangsit siap pakai dalam kemasan plastik yang masih rapat aman dari udara yang masuk. Maka dari itu, setelah membelinya langsung simpan dalam freezer. Sama halnya dengan menyimpan kulit pangsit sisa, kamu bisa menyimpanya di dalam plastik dan tutup rapat. Kulit pangsit yang terlanjur kering akan mudah pecah saat dibentuk. Namun, kulit pangsit tetap bisa dilembabkan dengan cara mengolesi permukaan kulit dengan air.

Cara memilih kulit pangsit kemasan

Biasanya tertulis bahan baku membuat kulit di beberapa kemasan kulit pangsit. Pilih kulit pangsit yang dibuat dari telur, jika kamu menginginkan kulit pangsit yang tebal dan empuk saat dikukus. Biasanya kulit pangsit ini setelah dikukus warnanya menjadi kuning. Sebaliknya, kalau kamu menginginkan kulit pangsit yang tipis dan kenyal, biasanya digunakan untuk membuat mandu atau wonton, pilih kulit yang dibuat tanpa menggunakan telur. Biasanya hasil kulit pangsit yang dibuat tanpa telur akan berwarna putih setelah dikukus.

Tips membuat kulit pangsit agar hasilnya kenyal

Kalau kamu ingin membuat kulit pangsit untuk mandu atau hakkaw yang kenyal, tipis sampai hampir tembus pandang, beri tepung tapioka sebagai salah satu bahannya. Campurkan 15-20% tepung tapioka dari total takaran tepung terigu. Aduk-aduk dan beri air hingga adonan kalis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Kulit Pangsit agar Tidak Cepat Kering", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/10/191900975/cara-simpan-kulit-pangsit-agar-tidak-cepat-kering?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm