Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock/Kiefer Pix)

7 Cara Pola Hidup Sehat Yang Dapat Anda Lakukan, Apa Saja Itu?

12 Januari 2021 22:33 WIB

SonoraBangka.Id - Menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi menjadi sangat penting. Kondisi tubuh yang sehat akan membuat imunitas kuat, sehingga membantu tubuh terhindar dari infeksi virus.

Menjaga kesehatan tak selalu harus dilakukan dengan cara rumit. Berikut sejumlah cara sederhana untuk menuju hidup yang lebih sehat melansir Healthline:

  1. Menjaga makan

Isi setengah dari piring dengan sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Sayuran tak mengandung zat tepung antara lain bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya seperti wortel, brokoli, dan kembang kol.

Mengisi setengah piring dengan sayuran non-tepung menjadi cara sederhana untuk membuat diet lebih sehat, karena rendah kalori tapi dikemas dengan nutrisi, serat, dan air. Mengonsumsi rokok, alkohol, hingga obat-obatan terlarang dapat membuat ketagihan sehingga menjadikan seseorang sulit menghindarinya.

Jika ingin mendapatkan kesehatan yang optimal, maka perlu meminimalkan konsumsi zat-zat tersebut.

  1. Hindari stres

Gaya hidup sehat melibatkan diet sehat, kualitas tidur dan olahraga teratur. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolisme tubuh.

Ini dapat menimbulkan rasa ingin mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, membuat lemak di daerah perut menumpuk, dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Studi juga menunjukkan bahwa stres merupakan kontributor signifikan terhadap depresi, yang merupakan masalah kesehatan masif saat ini.

Stres dapat dikurangi dengan berolahraga, berjalan santai di alam, mempraktikkan pernapasan dalam hingga meditasi.

  1. Makan di piring dan mangkuk yang lebih kecil

Ukuran piring dapat memengaruhi seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang makan dari mangkuk saji besar, mengonsumsi 56 persen (142 kalori) lebih banyak makanan daripada orang yang makan dari mangkuk kecil. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang secara konsisten makan lebih banyak makanan ketika menawarkan porsi dan piring yang lebih besar.

Ilusi sederhana makan dari piring kecil dapat membantu merasa puas dengan lebih sedikit mengonsumsi makanan.

  1. Hindari soda bergula

Jika ingin menjadi lebih sehat, coba untuk menghindari minuman manis. Minuman manis tidak mengandung nutrisi penting dan sarat dengan gula.

Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker.

Selain itu, asam dalam minuman ringan juga dapat merusak gigi, terutama jika dikombinasikan dengan gula.

Jika mengonsumsi banyak soda, pilih minuman yang lebih sehat seperti air soda tanpa pemanis dengan lemon.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm