Ilustrasi kue mangkok tepung beras
Ilustrasi kue mangkok tepung beras ( cookpad.com)

Hanya Butuh 4 Langkah, Berikut Cara Membuat Kue Mnagkok Tepung Beras

13 Januari 2021 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Kamu pasti akan menemui penjual jajanan pasar dengan kue mangkok sebagai salah satu jenis jualannya saat kamu belanja bahan masakan di pasar tradisional. Tidak heran, kue mangkok banyak dijual di pagi hari sebagai camilan sarapan karena kue mangkok memang menjadi kue basah favorit banyak orang. Kue ini terbilang mudah dibuat, kamu bisa mencoba membuat kue mangkok ini sendiri di rumah. Bahan dasarnya juga sederhana, ikuti resep kue mangkok tepung beras dari buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia – Jajan Pasar Mini” (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep kue mangkok tepung beras

Bahan I:

  • 100 gram tape nasi (jika sulit mencari tape nasi, gunakan tape singkong)
  • 100 gram tepung beras
  • 50 ml air kelapa

Bahan II:

  • 150 gram tepung beras
  • 30 gram tepung sagu
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml air
  • 2 sdt baking powder
  • Pewarna makanan (opsional, warna bebas)

Cara membuat kue mangkok tepung beras:

  1. Campur dan aduk rata bahan I selama 15 menit. diamkan semalaman atau minimal 3 jam.
  2. Campur tepung beras, tepung sagu, air, gula pasir, baking powder, dan bahan I. Proses ke dalam blender hingga lembut. Saring.
  3. Panaskan air dalam dandang/kukusan. Masukkan cetakan kue mangkuk kecil-kecil yang telah diolesi dengan minyak dan biarkan sebentar hingga cetakan panas. Tuang adonan ke dalam cetakan, kukus dalam api besar selama 15 menit hingga matang dan merekah.
  4. Angkat, keluarkan dari cetaka. Biarkan dingin. Sajikan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Mangkok Tepung Beras Lembut, Cuma Butuh 4 Langkah Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/141100375/resep-kue-mangkok-tepung-beras-lembut-cuma-butuh-4-langkah-masak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm