Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock )

Minum Kopi Sebelum Olah Raga, Menurut Anda Bagaimana Baiknya?

14 Januari 2021 14:44 WIB

SonoraBangka.Id - Minum kopi sebelum olahraga dengan cara yang tepat memiliki sederet manfaat bagi peminumnya.

Dilansir dari Men’s Journal, sejumlah penelitian menunjukkan manfaat minum kopi sebelum olahraga antara lain:

  • Meningkatkan metabolisme untuk membakar lebih banyak kalori dan lemak
  • Menambah kinerja olahraga
  • Meningkatkan fokus olahraga
  • Mengurangi nyeri otot

Ahli gizi spesialis olahraga yang berbasis di AS sekaligus pendiri Nutrition Conditioning Inc., Heidi Skolnik, menyebut kopi dapat menunjang olah fisik karena mengandung kafein. “Kafein adalah stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat dan jantung.

Zat ini membantu pikiran dan tubuh lebih gigih saat olahraga,” jelas Skolnik, melansir CNN Health. Tak hanya bersifat stimulan, kafein dalam kopi juga dapat merangsang terlepasnya senyawa kimia otak dopamin yang mengontrol rasa sakit dan menjaga suasana hati saat olahraga. “Orang yang minum kopi jadi lebih menikmati saat latihan sampai berkeringat.

Selain itu, latihan juga lebih mudah,” terang Skolnik. Untuk memanen manfaat minum kopi sebelum olahraga yang optimal, asupan berkafein ini perlu dikonsumsi pada waktu sampai dosis yang tepat.

Kapan waktu terbaik minum kopi sebelum olahraga?

Heidi Skolnik menjelaskan minum kopi sebelum olahraga tak boleh sembarangan. Kafein dapat diserap tubuh dalam waktu 15 hingga 45 menit setelah dikonsumsi.

Tapi kafein baru mencapai efek stimulasi puncaknya selang 30 sampai 75 menit kemudian. “Minum kopi paling baik sekitar satu jam sebelum berolahraga,” kata Skolnik. Dosis dan jenis minuman kopi untuk menunjang olahraga

Kendati kopi dapat memberikan efek positif saat diminum sebelum berolahraga, konsultan untuk sejumlah tim olahraga beken di New York AS ini mengatakan porsinya tak boleh berlebihan.

Minum kopi terlalu banyak sebelum berolahraga justru dapat memicu sakit perut, dehidrasi, jantung berdebar, dan masalah kesehatan lainnya.

Skolnik mengatakan kebanyakan orang hanya membutuhkan 250 hingga 300 miligram kafein, atau setara satu sampai dua cangkir kopi per hari agar kinerja olahraganya membaik.

Selain itu, Anda disarankan minum kopi dengan tambahan susu agar asupan protein dan karbohidrat meningkat. Pilihan susunya bisa susu sapi maupun kedelai.

SumberHealth
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm