Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mengadakan audiensi dan silaturahmi bersama Bapan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (13/1/2021).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mengadakan audiensi dan silaturahmi bersama Bapan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (13/1/2021). ( Diskominfoik Bangka/ A Mangatas)

Gelar Audiensi, Pemkab dan BPS Bahas Capaian Kabupaten Bangka

14 Januari 2021 20:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mengadakan audiensi dan silaturahmi bersama Bapan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (13/1/2021).

Dalam kesempatan itu, BPS juga menyampaikan sejumlah capaian atau indeks Kabupaten Bangka yang dibahas dalam angka statistik.

Bupati Bangka, Mulkan meyakini dalam hal penyajian data, BPS bisa menjadi acuan serta sumber yang valid serta dapat dipercaya bagi seluruh pihak.

Tak terkecuali Pemkab Bangka yang menjadikan angka statistik sebagai indikator dan rencana strategis kedepannya.

"Data yang paling valid adalah data yang berasal dari BPS. Sehingga tujuan pertemuan kali ini selain untuk silaturahmi juga berguna untuk mengetahuu pertumbuhan ekonomi secara makro selama masa pandemi Covid," tutur Mulkan.

Sementara itu, Kepala BPS Bangka Savitri Dewi menuturkan, sejumlah capaian diraih Kabupaten Bangka dengan cukup baik.

Salah satu diantaranya yaitu nilai kemiskinan Kabupaten Bangka yang menurun dan Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Jadi meskipun dimasa pandemi nampaknya tidak mempengaruhi angka kemiskinan di Kabupaten Bangka. Terbukti pada tahun 2020 angka kemiskinan menurun dari 4,92 menjadi 4,51," ujar Savitri.

Selain itu, Pemkab Bangka juga cukup bisa berbangga dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat menjadi 72,40 poin.

Poin tersebut cukup tinggi diatas nilai Provinsi Bangka Belitung, bahkan sejumlah daerah juga mengalami penurunan Indeks Pembangunan Manusia.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm