Ilustrasi bolu kukus zebra alias coklat putih.
Ilustrasi bolu kukus zebra alias coklat putih. ( DOK. SAJIAN SEDAP/ROBERTUS)

Praktis Tanpa Mixer, Berikut Ini Cara Membuat Bolu Kukus Zebra

17 Januari 2021 13:13 WIB

SonoraBangka.id - Kamu dapat menyantap bolu kukus zebra yang termasuk jajanan jadul alias zaman dulu sambil menemani sore hari sembari minum the. Cara membuat bolu kukus terbilang mudah, terlebih prosesnya tanpa mixer maupun oven. Hasilnya akan mekar, asalkan selama mengukus panci tidak sering dibuka. Buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" karya Sisca Susanto terbitan Gramedia Pustaka Utama membagikan cara membuat bolu kukus zebra tanpa mixer. Baca juga: Resep Bolu Kukus Gula Merah Tanpa Mixer, Hasilnya Merekah

Resep bolu kukus zebra

Bahan

  • 2 butir telur
  • 225 gram gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier (ovalet atau SP)
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 air soda Pasta cokelat secukupnya

Cara membuat bolu kukus zebra

  1. Campur semua bahan kecuali pasta cokelat, kocok sampai putih dan mengembang. Bagi adonan menjadi
  2. Satu adonan beri beberapa tetes pasta cokelat, aduk rata. Satu bagian adonan biarkan tetap putih. 2. Panaskan dandang atau panci kukusan. Siapkan cetakan, alasi dengan paper cup atau kertas roti. Tuang adonan selang-seling cokelat dan putih.
  3. Kukus adonan selama lebih kurang 15 menit sampai matang. Selama proses pengukusan dan kue belum mekar sempurna, jangan buka kukusan. Tetap tutup rapat. Kalau bolu sudah mekar dan matang, angkat dan sajikan. Nikmati bolu kukus zebra bersama teh hangat.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bolu Kukus Zebra Tanpa Mixer, Jajanan Jadul yang Selalu Enak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/14/220803975/resep-bolu-kukus-zebra-tanpa-mixer-jajanan-jadul-yang-selalu-enak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm