Ilustrasi
Ilustrasi ( cookpad.com)

Pancake Pandan Rendah karbo, Pilihan Yang Cocok Untuk Yang Diet

18 Januari 2021 11:52 WIB

SonoraBangka.id - Untuk kamu yang sedang diet, pancake pandan yang lezat bisa jadi pilihan. Terutama buat kamu yang sedang diet mengurangi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak sehat dan protein. Pada resep pancake pandan ini menggunakan physllium husk powder. Menurut Healthline, physllium adalah serat yang berasal dari biji tanaman Plantago ovata. Physllium membantu melancarkan pencernaan. Namun, apabila tidak punya maka tanpa physllium pun bisa membuat pancake pandan versi sehat. Buku "Diet Ketogenik: Panduan & Resep Sehat" karya Rini Handayani terbitan  Gramedia Pustaka Utama membagikan cara membuat pancake pandan rendah karbohidrat untuk 7 porsi.

Resep pancake pandan

  • 4 butir telur
  • 200 gram cream cheese
  • 3-4 saset pemanis (bisa ganti gula biasa)
  • 1 sdm ground physllium husk powder (opsional)
  • 60 gram mentega atau minyak kelapa
  • 8 lembar daun pandan, blender dengan sedikit air lalu saring

Cara membuat pancake pandan

  1. Ambil 1 sendok makan sari daun pandan. Masukkan ke dalam blender bersama semua bahan lain, haluskan. Diamkan selama 5 menit.
  2. Panaskan wajan teflon. Ambil adonan, bisa satu sendok sayur. Tuang ke dalam wajan panas. Masak sampai kedua sisi matang, sekitar 3-4 menit per sisi. Nikmati pancake pandan selagi hangat.  

Cara menyimpan pancake pandan

Apabila masih ada sisa pancake, bungkus rapat menggunakan plastic wrap. Simpan dalam freezer. Cara mencairkan pancake, keluarkan dari freezer dan letakkan di atas meja sampai bersuhu ruang. Baru panaskan menggunakan wajan teflon.  


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Pancake Pandan Rendah Karbo, Sarapan buat Diet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/18/080700375/resep-pancake-pandan-rendah-karbo-sarapan-buat-diet.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm