lustrasi rendang daging sapi khas Minang, dimasak sampai berwarna kehitaman.
lustrasi rendang daging sapi khas Minang, dimasak sampai berwarna kehitaman. ( SHUTTERSTOCK/MUGIKUN19)

Awet Sampai 2 Minggu, Berikut Cara Menyimpan Rendang Di Kulkas

18 Januari 2021 12:07 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu lauk yang tahan lama apabila cara memasak dan menyimpannya tepat adalah rendang. Jika menyimpan rendang di dalam kulkas, akan membuatnya awet sampai 2 minggu. Sementara, menyimpan rendang dalam freezer dapat mengawetkannya sampai setidaknya 2 bulan. Mengutip Kompas.com, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto membagikan cara menyimpan rendang yang tepat.

1. Masak rendang selama 8 jam

Pastikan daging matang sempurna dan bumbu meresap secara keseluruhan pada saat proses memasaknya. Masak rendang selama lebih kurang 8 jam untuk memastikan daging matang dan bumbu meresap.

2. Simpan rendang ketika sudah dingin

Kamu dapat langsung mengonsumsinya setelah rendang matang. Bagian yang hendak kamu simpan, sisihkan dulu. Biarkan rendang tersebut sampai bersuhu ruangan. Jangan menyimpan rendang ke dalam kulkas dalam keadaan masih panas.

3. Masukkan rendang ke wadah kedap udara atau plastik

Masukkan rendang yang sudah bersuhu ruangan ke dalam wadah kedap udara atau plastik vakum. Apabila tidak mempunyai plastik vakum, gunakan plastik biasa. Namun, pastikan plastik tersebut tertutup rapat. Sebaiknya hindari rendang sampai terpapar udara dalam kulkas karena dapat menurunkan kualitasnya.

4. Kemas rendang dalam porsi kecil

Sebaiknya jangan simpan menjadi satu, apabila kamu membuat rendang dalam porsi cukup banyak. Sebaiknya, kemas rendang dalam porsi kecil. Cara ini memudahkan kamu untuk memanaskan rendang

5. Kreasikan rendang jadi 3 makanan lain

Rendang daging yang lezat dapat kamu kreasikan menjadi hidangan lain. Di antaranya adalah oseng daging rendang, pull beef sandwich, dan daging suwir kering. Cara membuat daging suwir kering mirip seperti abon. Setelah menyuwir daging rendang, panggang dalam oven suhu 110-120 derajat celsius sampai daging kering.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Rendang di Kulkas, Awet sampai 2 Minggu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/17/205400975/cara-simpan-rendang-di-kulkas-awet-sampai-2-minggu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm