Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama bernyanyi untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada kampanye terbatas di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (2/2/2017)
Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama bernyanyi untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada kampanye terbatas di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (2/2/2017) ( (KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA)

Rhoma Irama Diteriaki dan Dilempari Sandal Ketika Mengucapkan Salam

18 Januari 2021 15:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Raja Dangdut Rhoma Irama mengenang ceritanya yang pernah diteriaki para penonton sampai-sampai dilempari sandal dalam sebuah konser di Ancol pada tahun 1973.

Alasan mengapa Rhoma Irama dan Soneta dilempari sendal karena mengucap salam ketika membuka acara di atas panggung.


"Salam pertama saya ucapkan di Ancol tahun 1973. Begitu salam, hujan sendal. 'Hey, hey, ini bukan masjid!" kenang Rhoma Irama. Rhoma Irama merasa ucapan salam Islam memang tidak pernah diucapkan di dalam konser.


Ia menjadi salah satu pionir yang mengucapkan salam tersebut kepada penonton sebelum memulai penampilannya. "Saking tabunya itu salam di panggung musik," kata Rhoma seperti dikutip Kompas.com dari video Miing Bagito, Senin (18/1/2021).


Mengucapkan salam di atas panggung merupakan bentuk dakwah pertama dari Rhoma Irama di dalam musiknya.

"Dakwah saya yang pertama bagaimana mengucapkan salam di panggung musik. Saat itu enggak ada pemusik yang mengucapkan salam," ucap sang Raja Dangdut.


Setelah mengucapkan salam, Rhoma Irama selanjutnya mulai memasukkan unsur-unsur dakwah ke dalam lirik-lirik lagunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ucapkan Salam di Atas Panggung, Rhoma Irama Diteriaki dan Dilempari Sandal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/18/144635966/ucapkan-salam-di-atas-panggung-rhoma-irama-diteriaki-dan-dilempari-sandal.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm