Ilustrasi daging tuna kaleng
Ilustrasi daging tuna kaleng ( Dok. Shutterstock/Amarita)

Berikut 5 Bahan Makanan Yang Mengandung Vitamin D Cukup Tinggi

19 Januari 2021 11:15 WIB

SonoraBangka.id - Masing-masing individu memiliki kebutuhan vitamin D berbeda, tergantung usia dan faktor risiko. Jumlah vitamin D harian yang dianjurkan ialah sekitar 400 UI untuk balita di bawah berusia 12 bulan. Anak usia di atas 1 tahun hingga 70 tahun, harus memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 600 UI hal tersup dikutip dari laman Mayo Clinic. Di atas usia tersebut, kebutuhan vitamin D juga bertambah, yakni 800 UI.  Jumlah tersebut bisa bertambah seiring bertambahnya usia juga. Bahkan jika kamu tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup harus memenuhi sekitar 1000 UI vitamin D.  

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, salah satu caranya  ialah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penyakit yang erat kaitannya dengan kekurangan vitamin D, seperti radang sendi atau penyakit infeksi seperti pneumonia. Berikut bahan makanan yang mengandung vitamin D cukup tinggi melansir dari laman Healthline dan Medical News Today. 

1. Kuning telur 

Mengutip laman Medical News Today, Kuning telur mengandung vitamin D yang cukup tinggi, terutama jika ayamnya tumbuh di alam bebas seperti ayam kampung.  Dalam satu butir telur ayam besar terkandung vitamin D sebanyak 88 UI atau setara dengan 15 persen kebutuhan vitamin D harian seseorang.

2. Ikan salmon

Salah satu sumber vitamin D yang cukup populer adalah Salmon. Salmon dapat dikonsumsi dalam wujud mentah atau sudah dimasak. Cara memasaknya cukup dengan memanggang salmon di atas pan atau oven dalam waktu sebentar saja. Menurut database kompsisi makanan dari United States Department of Agriculture (USDA), salmon mengandung 526 IU vitamin.  Sementara salmon liar mengandung 988 IU vitamin D per porsi, yang berarti lebih tinggi daripada salmon yang dibudidayakan

3. Ikan tuna

Ikan tuna kaleng adalah pilihan praktis bagi yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Dalam 100 gram ikan tuna kaleng terdapat kandungan vitamin D sebanyak 261 IU atau setara dengan 34 persen kebutuhan harian. Tentunya kamu juga bisa menyantap tuna segar yang bebas pengawet. 

4. Jamur 

Kamu bisa mengonsumsi jamur sebagai sumber pengganti vitamin D bagi yang kurang suka dengan ikan, beberapa jenis jamur memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi, seperti: 

  • Jamur maitake mentah: mengandung 562 UI per 50 gram, setara dengan 94 persen kebutuhan vitamin D harian. 
  • Jamur shitake kering: mengandung 77 UI per 50 gram, setara dengan 12 persen dari kebutuhan vitamin D harian. 
  • Jamur portabello mentah: mengandung 568 UI per 50 gram, setara dengan 95 persen kebutuhan vitamin D harian. 
  • Jamur putih mentah: mengandung 523 UI per 50 gram, setara dengan 87 persen kebutuhan vitamin D harian.
  • Jamur Portobello mentah yang terpapar UV: Ini mengandung 568 IU per 50 g, yang merupakan 95 persen dari AKG seseorang.
  • Jamur tiram mentah yang terpapar UV: Ini mengandung 523 IU per 50 g, yang merupakan 87 persen dari RDA seseorang.

5. Sereal Dan Oatmeal

Produk sereal dan oatmeal tertentu juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Setengah cangkir sereal dan oatmeal terdapat kandungan vitamin D sebanyak 54 hingga 136 UI atau setara dengan 17 persen kebutuhan harian.  Jika dinikmati bersama susu sapi dan susu kedelai, kandungan vitamin D dalam sajiannya akan makin bertambah. Pasalnya, susu sapi sendiri mengandung vitamian D sebanyak 115 0 130 UI per 237 ml. Susu kedelai mengandung 107 hingga 117 UI dengan takaran jumlah yang sama.   


Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "5 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Mudah Didapat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/19/101100275/5-makanan-yang-mengandung-vitamin-d-tinggi-mudah-didapat?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm