Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

7 Cara Mengatasi Makanan Yang Tersangkut Ditenggorokan, Begini Caranya

21 Januari 2021 15:54 WIB

SonoraBangka.Id - Menelan makanan sekilas mungkin terdengar sebagai aktivitas yang sederhana atau mudah dilakukan.

Tapi, pada dasarnya, menelan adalah proses yang kompleks. Saat Anda makan, sekitar 50 pasang otot dan banyak saraf bekerja sama untuk memindahkan makanan dari mulut ke perut.

Maka, tidak jarang terjadi sesuatu yang tidak beres selama proses ini, membuatnya terasa seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokan.

Saat Anda menggigit makanan padat, proses tiga langkah dimulai:

  1. Anda menyiapkan makanan untuk ditelan dengan cara mengunyahnya. Proses ini memungkinkan makanan bercampur dengan air liur, dan mengubahnya menjadi bubur yang dibasahi.
  2. Refleks menelan Anda terpicu saat lidah Anda mendorong makanan ke belakang tenggorokan. Selama fase ini, tenggorokan Anda tertutup rapat dan napas Anda terhenti. Ini mencegah makanan masuk ke saluran yang salah.
  3. Makanan masuk ke kerongkongan Anda dan turun ke perut Anda.

Jika rasanya ada sesuatu yang tidak turun sepenuhnya, biasanya hal itu terjadi karena terjebak di kerongkongan Anda.

Nafas Anda tidak terpengaruh saat ini terjadi karena makanan telah membersihkan tenggorokan Anda. Namun, Anda mungkin batuk atau muntah.

Gejala makanan yang tersangkut di kerongkongan Anda berkembang segera setelah itu terjadi. Tidak jarang Anda akan mengalami nyeri dada yang parah.

Anda mungkin juga mengalami air liur yang berlebihan ketika ada makanan tersangkut di tenggorokan. Tetapi, sering kali ada cara untuk menyelesaikan masalah ini di rumah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm