Meme ibu-ibu yang kerap bikin kesal saat naik motor di jalan. (Istimewa)
Meme ibu-ibu yang kerap bikin kesal saat naik motor di jalan. (Istimewa) ( kompas.com)

Kenapa Emak-emak Suka Salah Memberi Kode Lampu Sein, Sein Kanan Belok Kiri?

21 Januari 2021 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Mengendarai skutik cukup mudah, tinggal putar gas maka motor akan jalan. Banyaknya skutik juga membuat populasi pengendara wanita meningkat.

Namun sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita suka salah memberi kode lampu sein. Walau terlihat sepele namun membingungkan pengendara lain di depan atau belakangnya.

Jusri Pulubuhu sebagai Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, kesalahan penerapan sein ketika mau belok terjadi karena kurang fokus.

"Itu karena tidak fokus. Tidak fokus ini juga misalkan salah fokus, karena wanita takut dengan bahaya, sehingga lupa. Lampu sein ke kanan tapi jalannya lurus, atau belok ke kiri," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Kurang fokus ini tidak hanya soal penerapan sein. Kurang fokus di jalan juga menjadikan gaya berkendara jadi sembarangan. Misalkan pelan di jalur cepat atau sebaliknya.

"Ada yang bilang tidak fokus itu karena tidak konsenrasi, padahal konsentrasi itu mutlak di jalan harus konsentrasi penuh," kata Jusri.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara wanita terkait lampu sein.

Agus mengatakan masih banyak pengendara wanita langsung memilih terjun ke jalan raya padahal mereka belum terlalu mahir mengendarai motor.

“ Wanita biasanya belum memahami karakter motornya terlebih dahulu, seperti fungsi rem, gas, dan komponen lain seperti sein. Karena itu sering ditemui di jalan yang ingin belok kiri tetapi yang dinyalakan lampu sein kanan,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lupa matikan sein

Sony Susmana dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) mengatakan, kebingungan soal sein juga sering terjadi karena lupa mematikan sein.

Masih banyak wanita yang lupa mematikan lampu isyarat pada saat selesai berbelok atau berganti arah. Sehingga membuat bingung pengendara lain.

“Pengendara wanita juga sering tidak mematikan lampu sein ketika berbelok,” ucap Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Emak-emak Sering Salah Kasih Lampu Sein, Sein Kanan Belok Kiri?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/21/114834215/kenapa-emak-emak-sering-salah-kasih-lampu-sein-sein-kanan-belok-kiri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm