Ilustrasi berkendara saat hujan (kadintiyatrosu.org)
Ilustrasi berkendara saat hujan (kadintiyatrosu.org) ( kompas.com)

3 Bagian Kaki-kaki Sepeda Motor yang Harus Dicek Ketika Musim Hujan

23 Januari 2021 20:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Negara Indonesia sudah memasuki musim hujan. Di sebagian besar wilayah juga intensitas hujan cukup tinggi.

Penting bagi pengguna sepeda motor memerhatikan kondisi kendaraannya, khususnya pada bagian kaki-kaki. Karena, bagian ini termasuk rentan kalau tidak dirawat saat musim hujan. Ada 3 bagian pada kaki-kaki motor yang wajib dicek:

1. Ban

Penting untuk mengecek alur ban, apakah masih layak pakai atau tidak. Selain alur ban, yang tak kalah penting lainnya adalah tekanan udara.

Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, menjelaskan, alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan. Sedangkan tekangan udara pada ban, berfungsi agar pengendalian setang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut.

"Perlu diketahui, tekanan udara pada matic di bagian roda depan motor sekitar 28 psi hingga 30 psi dan untuk roda belakang menggunakan tekanan udara sekitar 31 psi hingga 33 psi," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Sementara tekanan udara motor bebek, menurut Ade, dianjurkan tekanan roda depan sekitar 29 psi hingga 30 psi dan dan roda belakang 31 psi hingga 33 psi. Lalu, untuk motor jenis sport, tekanan udara ban depan adalah 39 psi hingga 41 psi dan ban belakang 39 psi hingga 41 psi.

2. Rantai Motor

Komponen yang satu ini termasuk yang paling rentan. Air hujan memiliki kandungan zat asam dan kalau terkena rantai motor dapat menimbulkan karat. Untuk menghindari karat disarankan agar bisa menutup rantai motor supaya terlindungi dari air hujan.

"Jika rantai motor kendor dapat melakukan penyetelan ulang dan selalu berikan pelumas rantai agar terhindar dari timbulnya karat," kata Ade.

3. Rem Depan dan Belakang

Kampas rem yang terbuat dari bahan asbes kalau terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering.

"Pastikan untuk selalu membersihkan setelah terkena air hujan dan untuk pemeriksaannya dapat dilihat dari arah depan. Untuk tipe cakram, dengan melihat ketebalan kampas rem motor dan untuk belakang melihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak," ujar Ade.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Bagian Kaki-kaki Sepeda Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/23/141711215/3-bagian-kaki-kaki-sepeda-motor-yang-wajib-dicek-saat-musim-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm