( )

Berikut Ini 5 Cara Yang Tepat Untuk Memilih Kemiri Berkualitas

24 Januari 2021 14:38 WIB

SonoraBangka.id - Jika diamati di pasaran kemiri yang dijual memiliki dua warna berbeda. Kendati terkesan simpel memilih kemiri berkualitas juga ada triknya. Jika keliru, kamu justru akan mendapatkan kemiri yang sudah tidak layak pakai. Lantas mana kemiri yang paling bagus? Ada yang putih dan ada juga yang kekuningan. Berikut cara memilih kemiri berkualitas mengutip dari laman Saveur.com dan Nyonya Cooking untuk melengkapinya.
1. Pilih yang bersih
Perlu diingat bahwa kemiri tua biasa memiliki bubuk putih kering dipermukaannya, hal inilah yang menyebabkan kemiri jadi cepat berbau Pilih biji kemiri yang tampilan bersih dan tidak berdebu atau berbubuk.
2. Warna
Biji kemiri berkualitas berwarna kekuningan. Jangan pilih kemiri yang warnanya terlalu putih karena bisa jadi warna tersebut disebabkan oleh pemutih atau bukan warna asli kemiri.
3. Tekstur
Pilihlah kemiri yang keras teksturnya dan saat ditekan kemiri tidak gampang pecah.
4. Aroma
Jangan pilih kemiri yang sudah mulai tengik baunya. Cium aroma kemiri, jika bau kacangnya cukup kuat dan segar berarti ini merupakan biji kemiri yang bagus.
5. Kemasan
Pilihlah kemiri yang dibungkus rapat jika kamu membeli kemiri bungkusan, Begitu pula jika membeli kemiji berbentuk bubuk.
6. Alternatif kemiri
Jika kesulitan mencari kemiri atau stok sedang habis, biji kemiri dapat diganti dengan kacang macadamia, kacang almond, ataupun kacang mete. Namun, perlu diingat bahwa ketiga bahan tersebut lebih mahal harganya daripada biji kemiri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Pilih Biji Kemiri Berkualitas Baik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/130700075/5-cara-pilih-biji-kemiri-berkualitas-baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm