Cara Singapura mengolah sampah plastik.
Cara Singapura mengolah sampah plastik. ( HAI Online)

Cara Singapura Olah Sampah Plastik Wajib Ditiru Indonesia, Langsung Hilang dalam Hitungan Jam

1 Februari 2021 15:28 WIB

BangkaSonoraID - 

 Jumlah sampah plastik di Indonesia semakin meningkat seiring banyaknya produsen yang memilih untuk menggunakan kemasan plastik karena dianggap lebih murah, dan otomatis bakal menekan biaya produksi.

Melihat penggunaan plastik yang makin meningkat tiap harinya, Indonesia wajib meniru cara Singapura yang mampu menghilangkan sampah plastik hanya dalam hitungan jam saja.

Fakta ini sendiri terungkap setelah Nas Daily berbagi video cara Singapura mengolah sampah plastik di negara mereka, yaitu dengan diubah menjadi sumber tenaga listrik, bahkan bahan untuk membuat pulau.

Dalam video berdurasi 3 menit 27 detik tersebut, dijelaskan bahwa Singapura memulai program dengan cara mengumpulkan semua sampah plastik di seluruh penjuru negeri, sebelum akhirnya dibawa ke pabrik insinerasi untuk dibakar dengan suhu mencapai 1000 derajat Celcius.

Menariknya, energi yang dihasilkan dari proses pembakaran sampah-sampah plastik tersebut lalu diubah menjadi listrik dan dipakai ribuan gedung di sana.

Wah, plastik dibakar bikin polusi udara dong? Enggak sob, sekelompok ilmuwan Singapura berhasil menemukan sebuah cara jitu untuk menyaring asap hasil pembakaran, sehingga nggak menyakiti lingkungan sekitar, dan malah memproduksi udara bersih.

Berkat cara tersebut, Singapura seenggaknya berhasil menghilangkan 90 persen sampah plastik dari masyarakat negara mereka hanya dalam hitungan jam, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Lalu, yang 10 persen lagi ke mana tuh? 10 persen sisanya merupakan abu hasil pembakaran, yang kemudian dijual oleh pemerintah setempat kepada pihak-pihak pembuat pulau.

Gimana, keren abis kan? Semoga cara serupa bisa ditiru oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia ya sob. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm