Ilustrasi
Ilustrasi ( resepkoki.id)

Gunakan Rice Cooker, Berikut Ini Cara Membuat Klepon Ubi Ungu

2 Februari 2021 10:47 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya klepon berwarna hijau pandan, kali ini coba bikin klepon ubi ungu. Klepon merupakan jajanan pasar yang berisi gula merah dengan taburan kelapa parut. Cara membuat klepon ungu ubi ungu bisa menggunakan rice cooker, mulai dari proses mengukus ubi sampai merebus klepon sampai matang. Resep klepon ubi ungu dibagikan oleh Instagram @my.foodplace. Nantinya jadi 12-15 buah klepon ubi ungu.

Resep klepon ubi ungu

Bahan

  • 2 ubi ungu kupas dan potong-potong
  • Tepung ketan secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 2 batang gula merah, hancurkan
  • Air Kelapa parut, kukus dengan daun pandan

Cara membuat klepon ubi ungu

  1. Kukus ubi ungu hingga empuk di dalam rice cooker. Haluskan ubi ungu menggunakan garpu. Masukkan garam. Campur hingga rata. Gunakan sarung tangan plastik untuk memudahkan proses mencampur.
  2. Masukkan tepung ketan secukupnya, aduk hingga rata. Tambah air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk. Campur kembali.
  3. Bentuk adonan ubi ungu bulat-bulat. Pipihkan sedikit, masukkan gula merah ke dalamnya. Bulatkan kembali.
  4. Rebus air sampai mendidih di dalam rice cooker. Masukkan bola-bola ubi ungu dan masak sebentar hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. Gulingkan klepon ubi ungu dalam kelapa parut.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Klepon Ubi Ungu Tepung Ketan, Bikin Pakai Rice Cooker", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/28/131257675/resep-klepon-ubi-ungu-tepung-ketan-bikin-pakai-rice-cooker.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm