Olahan cumi
Olahan cumi ( Shutterstock)

Gunakan Tepung Tapioka, Berikut Cara Membuat Cumi Goreng Tepung

2 Februari 2021 15:36 WIB

SonoraBangka.id - Kamu yang hendak memasak cumi goreng tepung bisa menyiapkan bahan utama yaitu cumi, tepung tapioka, telur, dan bumbu halus. kamu bisa mempraktikkan resep cumi goreng tepung crispy di rumah, jadikan lauk makan siang keluarga. Sajian yang renyah dan sedikit kenyal ini cocok sebagai teman makan nasi.  Resep cumi goreng tepung yang crispy dan simpel ada dalam buku “25 Cita Rasa Cumi & Sotong” (2013) karya Lily T. Erwin penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Berikut resep cumi goreng tepung :

Resep cumi goreng tepung

Bahan :

  • 500 gram (3 ekor) cumi besar segar
  • 2 putih telur ayam
  • 200 gram tepung tapioka
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng 

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih, iris
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam

Cara membuat cumi goreng tepung

1. Bersihkan cumi dan cuci bersih, iris tipis. Bentuk seperti cincin, pisahkan kepalanya.

2. Lumuri irisan tipis cumi dengan putih telur ayam dan bumbu halus. Tiriskan.

3. Panaskan minyak goreng di wajan yang cekung. Sementara menunggu minyak panas, campur cumi dengan tepung tapioka.

4. Masukkan satu persatu potongan cumi ke dalam minyak panas. Goreng sampai warnanya kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan cumi goreng tepung selagi hangat, lengkapi dengan saus pedas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Cumi Goreng Tepung Crispy, Pakai Tepung Tapioka", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/31/110300775/resep-cumi-goreng-tepung-crispy-pakai-tepung-tapioka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm