Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Inilah 8 Gejala Pneumonia Yang Perlu Anda Ketahui Dan Waspadai

2 Februari 2021 19:07 WIB

SonoraBangka.Id - Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi, bisa bakteri, virus, ataupun jamur.

SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 adalah salah satu jenis virus yang dapat menjadi penyebab pneumonia.

Pneumonia yang disebabkan oleh Covid-19 bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti acute respiratory distress syndrome (ARDS) atau gangguan pernapasan berat, sehingga patut diwaspadai.

Apabila tidak ditangani denga tepat, ARDS dapat mengakibatkan kerusakan berbagai organ akibat tidak cukup mendapatkan suplai oksigen.

Pada kondisi pneumonia atau orang sering juga menyebut paru-paru basah, infeksi menyebabkan peradangan pada alveoli atau kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru.

Akibatnya, alveoli bisa dipenuhi cairan atau nanah, sehingga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas.

Pneumonia dapat berkisar dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa. Penyakit ini paling serius terjadi pada bayi, anak kecil, kelompok lanjut usia (lansia), dan orang dengan masalah kesehatan atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm