Ilustrasi siomay bandung di atas piring lengkap dengan sambal kacang.
Ilustrasi siomay bandung di atas piring lengkap dengan sambal kacang. ( SHUTTERSTOCK/DINAR NURNANINGSIH)

Sering Dikira Sama, Berikut Perbedaan Batagor Dan siomay Bandung

4 Februari 2021 07:44 WIB

SonoraBangka.id- Dalam satu warung makan, batagor dan siomay sering dijual bersamaan. Penjual kaki lima, bahkan tak jarang, menuliskan " batagor siomay" pada gerobak. Alhasil, tak sedikit yang menggangap siomay bandung dan batagor adalah sajian yang sama. Perbedaan antara siomay bandung dan batagor terletak pada bahan utama dan cara pembuatannya. Berikut penjelasan mengenai perbedaan batagor dan siomai bandung:

1. Bahan

Sebenarnya, nama batagor adalah singkatan dari bahan makanan tersebut, yaitu bakso tahu goreng. Batagor adalah sajian yang digoreng. Tahu yang digunakan bukan tahu kuning, melainkan tahu putih. Hidangan ini terdiri dari bakso dan tahu goreng yang disantap dengan saus atau sambal kacang. Sambal kacang dibuat dari bahan utama seperti kacang tanah, cabai, dan bawang putih.

Rasa dari sambal kacang cukup bervariasi. Ada pedagang yang cenderung membuat sambal kacangnya manis ada juga yang menonjolkan rasa pedas dari cabai. Batagor yang sudah digoreng kemudian dipotong atau digunting, dan disiram dengan sambal kacang. Batagor juga sering disajikan dengan irisan jeruk nipis atau sambal sebagai tambahannya.

Siomay bandung merupakan sajian yang terinspirasi shumai sajian dari China. Siomay bandung berbahan dasar ikan tenggiri sedangkan batagor pada umumnya dari daging ayam. Siomay bandung dibuat dari campuran daging ikan tenggiri dengan tepung tanpa dibalut kulit pangsit.  Bahan siomay lainnya ada sambal kacang yang rasanya mirip dengan sambal kacang batagor. Selain itu juga ada telur rebus, kubis rebus, pare, kentang dan telur rebus.

2. Isian

Berbeda dengan batagor yang pada satu piring hanya terdapat sajian itu saja, siomay bandung adalah sajian yang terdiri dari banyak komponen. tapi tak sama dengan siomay bandung. Siomay bandung biasanya terdiri dari siomay, pare rebus, sayur kubis yang direbus, telur rebus, tahu dan kentang.

3. Cara memasak

Batagor adalah sajian yang digoreng. Adonan bakso dicampur bersama kemudian ditempelkan pada tahu putih yang biasanya dibelah menjadi bentuk segitiga. Kemudian batagor digoreng hingga renyah dan dipotong-potong lalu disajikan dengan saus kacang. Berbeda dengan batagor, siomay dimasak sengan cara dikukus. Siomay bandung juga disajikan bersama saus kacang, kecap manis, dan jeruk limo setelah semua komponen dipotong dan diletakan pada piring saji.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Batagor dan Siomay Bandung, Sering Dikira Sama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/01/200600375/bedanya-batagor-dan-siomay-bandung-sering-dikira-sama?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm