Sampul album baru Pamungkas yang sempat menuai kritik.
Sampul album baru Pamungkas yang sempat menuai kritik. ( KOMPAS.com/Cynthia Lova)

Pamungkas soal Karya Seniman Luar Negeri di Karya Barunya

4 Februari 2021 13:14 WIB

SonoraBangka.ID - Penyanyi Pamungkas baru saja merilis album barunya SOLIPSISM 0.2 pada Rabu (3/2/2021) kemarin.

Di tengah-tengah peluncuran album barunya, Pamungkas malah jadi bahan cibiran publik lantaran menggunakan artwork karya seniman luar negeri, Baptites Virot tanpa izin untuk cover album barunya itu.

Kabar tak sedap itu muncul setelah salah seorang di Twitter dengan akun @m3gumiii mengunggah beberapa foto cover album Pamungkas dan kemudian disandingkan dengan tangkapan layar karya-karya Baptites Virot yang didapar dari Instagram sang seniman @b_virot.

Cuitan akun @m3gumii di Twitter tersebut lantas langsung mengundang kehebohan publik.

Karena kehebohan tersebut, Pamungkas pun akhirnya minta maaf hingga membeli hak cipta dari seniman tersebut. Berikut Kompas.com rangkum lengkapnya.

Pamungkas Akui Lalai

Pamungkas meminta maaf melalui unggahan video di Instagram TV @maspama.records. Dalam video tersebut, Pamungkas menyampaikan permintaan maaf dan mengakui bahwa itu merupakan kelalaiannya.

Beli hak cipta Baptites Virot

Usai meminta maaf, Pamungkas menyampaikan bahwa dia telah menyelesaikan permasalahan itu dengan seniman Baptites Virot.

Ia mengaku telah membina hubungan baik dengan Baptites.

Dia juga berterima kasi kepada Baptites karena sudah menjadi sangat pengertian dan mudah diajak kerja sama.

Jadikan pelajaran baru

Pelantun lagu "One and Only" ini mengatakan, dari kejadian yang dialaminya saat ini dia mendapat pelajaran baru untuk tak melakukan hal yang sama ke depannya.

Dia berterima kasih dan bersyukur ada orang-orang yang mengingatkan dan menegurnya akan kejadian ini.

"Saya sangat bersyukur dengan kejadia ini, saya jadi belajar banyak lebih lagi dan bisa lebih menikmati prosesnya," tutur Pamungkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pamungkas soal Karya Seniman Luar Negeri di Karya Barunya, Minta Maaf hingga Beli Hak Cipta", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/02/04/095632366/pamungkas-soal-karya-seniman-luar-negeri-di-karya-barunya-minta-maaf-hingga?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm