Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstock)

7 Penyebab Air Kencing Bau Bisa Jadi Gejala Yang Tidak Baik, Apa Saja

6 Februari 2021 12:54 WIB

SonoraBangka.Id - Ada kalanya air kencing yang keluar dari tubuh kita memiliki bau yang tidak biasanya. Urine atau air kencing normalnya memiliki bau ringan atau tidak menyengat.

Selain tidak berbau menyengat, urine normal juga berwarna bening atau kuning pucat.

Urine yang memiliki bau tak sedap bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita. Berikut beberapa kemungkinan penyebab air kencing bau bisa jadi gejala penyakit apa saja:

  1. Air kencing bau seperti amonia

Air kencing bau tak sedap seperti amonia bisa jadi tanda penyakit infeksi saluran kencing atau dehidrasi.

Urine sebagian besar terdiri atas air, lalu ada campuran produk limbah seperti urea. Jika air kencing baunya menyengat mirip amonia, besar kemungkinan tubuh sedang dehidrasi.

Namun, perhatikan apabila air kencing bau pesing disertai rasa sakit saat buang air kecil dan demam, hal itu bisa jadi tanda infeksi saluran kencing.

  1. Air kencing bau amis

Alasan kenapa air kencing bau amis umumnya berasal dari infeksi, seperti penyakit menular seksual trikomoniasis.

Gejala penyakit menular seksual ini pada pria biasanya tidak kentara. Tapi pada penderita wanita gejalanya bisa keputihan dan air kencing bau amis.

Seiring makin menyengatnya bau kencing, cairan yang keluar dari vagina warnanya semakin kuning kehijauan.

  1. Air kencing bau manis

Alasan kenapa air kencing bau manis juga bisa menjadi gejala penyakit diabetes. Saat kadar gula darah melonjak, gula darah urine dapat menciptakan bau harum seperti sesuatu yang manis.

Selain air kencing bau manis, gejala diabetes lainnya yakni sering kencing, mudah haus, berat badan turun tanpa sebab jelas, luka susah sembuh, dan mual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm