Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Ini 5 Gejala Glaukoma Sesuai Jenisnya Yang Harus Anda Ketahui

6 Februari 2021 13:10 WIB

SonoraBangka.Id - Tahukah anda apa itu glaukoma? Glaukoma adalah gangguan mata karena saraf optik yang menghubungan mata ke otak rusak. Glaukoma yang tidak segera ditangani dapat membuat penderitanya kehilangan indra penglihatan.

Penyakit mata ini dapat menyerang orang dari berbagai usia, tapi paling sering dialami orang lansia dengan usia 70-80 tahun.

Penyebab glaukoma utamanya karena peningkatan tekanan di mata saat cairan tidak dapat mengalir lancar.

Peningkatan tekanan ini lantas merusak saraf optik penghubung mata ke otak. Kondisi pemicu meningkatnya tekanan pada mata ini tidak jelas.

Namun, ada beberapa faktor risiko penyebab glaukoma, seperti:

  •  Usia
  •  Faktor keturunan
  •  Gangguan mata seperti rabun jauh dan diabetes

Berikut beberapa gejala glaukoma sesuai jenisnya yang perlu diwaspadai:

  1. Gejala glaukoma sudut terbuka

Gejala glaukoma sudut terbuka di tahap awal umumnya belum terlihat. Penderita baru merasakan gejalanya saat penyakit mata ini sudah berkembang.

Tanda utamanya yakni berkembangnya bintik buta di penglihatan perifer atau bagian samping. Kebanyakan penderita glaukoma sudut terbuka menyadari penyakitnya saat muncul gangguan penglihatan parah.

Dengan gejalanya yang samar, tak pelak penyakit mata ini kerap dijuluki “si pencuri penglihatan diam-diam”.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm