Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

6 Penyebab Batuk Malam Hari Pada Anak Dan Juga Cara Mengobatinya

7 Februari 2021 13:02 WIB

SonoraBangka.Id - Batuk di malam hari bisa membuat kesal anak-anak maupun orang tua atau pengasuhnya.

Biasanya, batuk di malam hari tidak perlu dikhawatirkan dan kemungkinan besar merupakan gejala infeksi virus yang akan hilang dengan sendirinya.

Saat anak batuk, suara yang dikeluarkannya atau gejala yang menyertainya dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti:

  •  Flu biasa ( salesma)
  •  Asma
  •  Refluks asam lambung
  •  Infeksi sinus

Kebanyakan batuk pada anak-anak membaik dalam beberapa minggu. Namun, peneliti memperkirakan bahwa 5–10 persen anak mengalami batuk kronis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab anak batuk pada malam hari yang baik dipahami:

  1. Batuk post nasal drip

Di dalam tubuh, lendir melapisi saluran udara, memerangkap dan menghilangkan iritan dan melawan infeksi.

Tetapi beberapa kondisi, seperti infeksi dan alergi, dapat menyebabkan orang merasa lendir menumpuk atau menetes ke tenggorokan mereka.

Ketika lendir berlebih mengalir ke tenggorokan seseorang, itu dikenal sebagai post-nasal drip. Kondisi ini adalah pemicu umum untuk batuk di malam hari dan sakit tenggorokan.

Untuk batuk post-nasal drip, biasanya tidak melibatkan batuk yang dalam atau mengi. Membantu anak tidur dalam posisi lebih tinggi dapat mengurangi batuk post-nasal drip.

Jika balita tampak lebih sering batuk di malam hari selama waktu-waktu tertentu dalam setahun atau setelah bermain dengan beberapa hewan, mereka mungkin memiliki alergi.

Berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli alergi dapat membantu mengidentifikasi apa yang membuat mereka alergi dan menentukan pengobatan terbaik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm