Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Anda Harus Waspada, Vertigo Bisa Jadi Gejala Stroke Batang Otak

8 Februari 2021 11:05 WIB

SonoraBangka.Id - Kepala pusing dan vertigo merupakan salah satu gejala stroke batang otak. Stroke batang otak adalah pendarahan atau gangguan aliran darah di cabang arteri yang sangat kecil di batang otak.

Batang otak manusia rata-rata memiliki diameter sekitar 1,27 centimeter. Kendati ukurannya cukup kecil, bagian otak ini mengontrol semua aktivitas dasar sistem saraf pusat.

Antara lain kesadaran, tekanan darah, pernapasan, dan mengatur kontrol motorik tubuh. Stroke batang otak dapat merusak sebagian atau seluruh fungsi ini.

Sayangnya, penyakit ini terkadang sulit didiagnosis karena memiliki gejala yang kompleks. 

Gejala stroke batang otak

Terdapat beberapa gejala stroke batang otak yang khas, antara lain:

  • Vertigo atau pusing
  • Gangguan keseimbangan tubuh yang parah
  • Gangguan penglihatan atau penglihatan ganda
  • Bicara cadel
  • Tingkat kesadaran menurun

Stroke batang otak parah dapat menyebabkan sindrom terkunci. Kondisi ini membuat penyintas stroke hanya bisa menggerakkan bagian matanya saja.

Vertigo atau pusing saja belum tentu gejala stroke batang otak. Stroke batang otak umumnya juga tidak disertai gejala stroke yang khas seperti lumpuh di sebagian wajah (perot), lengan, atau kaki.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm