Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Rumah Produksi Ikan (RPI) yang berlokasi di Lingkungan Sinar Jaya Jelutung
Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Rumah Produksi Ikan (RPI) yang berlokasi di Lingkungan Sinar Jaya Jelutung ( Diskominfotik Bangka)

Resmikan Rumah Produksi Ikan, Bupati Bangka Berharap Ekonomi Masyarakat Meningkat

8 Februari 2021 15:10 WIB

SONORABANGKA.ID Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Rumah Produksi Ikan (RPI) yang berlokasi di Lingkungan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Bangka pada Sabtu (6/2/2021).

Ia berharap, dengan dibangunnya RPI tersebut diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

RPI ini dilakukan bertujuan sebagai pusat olah lanjut bahan baku ikan menjadi berbagai macam makanan olahan lainnya. Sehingga tentunya memberikan nilai ekonomis yang tinggi serta pangsa pasar yang lebih luas.

Mulkan menuturkan, UMKM memberikan peranan penting dalam perekonomian kemasyarakat. Terlebih lagi dimasa pandemi, perlu adanya upaya dari pemerintah dalam menunjang keberlangsungan usaha para UMKM.

"Ketika UMKM kita mampu tumbuh dan berkembang dengan baik, maka dapat menciptakan ekonomi kerakyatan yang baik juga. Sehingga apabila ini terus berlangsung maka juga akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian kita," ungkap Mulkan.

Disamping itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Saparudin menjelaskan terdapat tiga unit RPI yang telah dibangun dan dapat beroperasi.

Pembangunan tersebut menggunakan anggaran danna DAK Provinsi Bangka Belitung tahun 2020 guna meningkatkan perekonomian di sektor perikanan dan kelautan.

"Berbagai macam olahan berbahan dasar ikan dapat disajikan disini. Mulai dari kerupuk, getas, empiang dan lainnya. Tinggal kita semua termasuk masyarakat mendukung dengan mengkonsumsi prodak hasil olahan ikan disini," ujar Saparudin.

Guna mendukung dan menunjang hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka sebelumnya juga telah menyerahkan bantuan 750 lemari pendingin. Tak sampai disitu, Bupati Bangka juga menargetkan pembangunan RPI di setiap daerah tepian laut seperti Belinyu, Air Anyir dan Matras.

 

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm