Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Anda Penderita Amandel? Nah Kapan Operasi Amandel Dilakukan?

11 Februari 2021 11:43 WIB

SonoraBangka.Id - Pada banyak hari, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan amandel Anda. Kelenjar getah bening ini berada di sisi belakang kanan-kiri tenggorokan Anda, melakukan tugasnya, dan tidak menarik banyak perhatian.

Amandel Anda adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. 

Organ berbentuk oval ini turut berperan dalam sistem pertahanan tubuh karena mengandung sel khusus yang mampu menangkap dan membunuh bakteri atau virus yang masuk ke dalam mulut atau tenggorokan.

Kelihatannya memang tidak banyak dan kecil, tetapi amandel sebenarnya adalah garis pertahanan pertama terhadap virus dan bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut.

Masalahnya, karena terlalu dekat dengan garis depan, amandel Anda juga bisa terinfeksi. Itu disebut tonsilitis atau radang tonsil.

Radang amandel lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mendapatkannya.

Dulu, operasi untuk mengeluarkan amandel jauh lebih umum. Tapi sekarang, dokter lebih cenderung menunggu dan melihat, menggunakan operasi hanya pada kasus tertentu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm