Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin, Sungailiat menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk seluruh perawat kesehatan yang bertugas disana
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin, Sungailiat menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk seluruh perawat kesehatan yang bertugas disana ( Istimewa)

Tingkatkan Keahlian Perawat, RSUD Depati Bahrin Gelar Pelatihan BHD

15 Februari 2021 15:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin, Sungailiat menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk seluruh perawat kesehatan yang bertugas disana, pada Sabtu (13/2/2021) yang lalu.

Pelatihan tersebut digelar guna meningkatkan kemampuan dan keahlian para perawat dalam memberikan tindakan dasar dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

Pelatihan itu diberikan langsung oleh instruktur dan dibagi dalam lima gelombang.

Hal tersebut bertujuan agar setiap tenaga kesehatan memiliki keterampilan yang mumpuni dalam praktik di lapangan. Sejumlah teknik dasar dijelaskan dan dipraktekan secara langsung.

BHD dilakukan dengan memberikan tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP) yaitu metode untuk mengembalikan fungsi pernapasan dan sirkulasi pada pasien.

Dengan dilakukannya BHD dapat memberikan oksigenasi darurat secara efektif pada organ vital pasien seperti otak dan jantung melalui ventilasi buatan dan sirkulasi buatan.

Direktur RSUD Depati Bahrin, dr. Yogi Yamani menuturkan, pelatihan ini digelar untuk memberikan penyegaran bagi tenaga medis dan megasah kembali kemampuan atau skill seluruh perawat-perawat kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tindakan pada BHD ini dirumuskan dengan huruf A, B dan C. A yaitu airway, B yaitu breathing, dan C yaitu circulation. Airway dilakukan dengan cara memastikan jalan nafas pasien terbuka dan bersih bebas dari sumbatan benda asing sehingga memungkinkan pasien dapat bernafas," ujar Yogi.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Depati Bahrin, Jum Panata menambahkan setiap perawat mempunyai kewajiban untuk mengembangkan keterampilannya dalam kegawatdaruratan.

Salah satunya terampil dalam memberikan BHD, sehingga pada kondisi tertentu dapat mengurangi gejala atau dampak buruk pada penderita.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm