Rider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020). (AFP/JOE KLAMAR)
Rider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020). (AFP/JOE KLAMAR) ( kompas.com)

Makin Kompetitif, Tim Satelit Berpeluang Raih Gelar Juara Dunia MotoGP

15 Februari 2021 21:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Tim KTM bisa dikatakan sebagai salah satu tim yang sukses musim lalu. Walaupun belum menjadi juara dunia, namun tim pabrikan dan tim satelit KTM berhasil raih kemenangan.

Pada MotoGP 2020, KTM merasakan kemenangan berkat Brad Binder dari tim pabrikan dan dua kali dari Miguel Oliveira dari tim satelit.

Pemilik tim Tech3 KTM Factory Racing, Herve Poncharal, mengatakan, sejak musim 2020, KTM sudah memberikan dukungan penuh. Motor yang digunakan oleh tim pabrikan dan tim satelit tidak ada perbedaan.

"Iker (Lecuona) dan Miguel punya motor yang sama seperti Pol (Espargaro) dan Brad. Ketika ada komponen baru datang, keempatnya bisa menggunakan komponen itu," ujar Herve, dikutip dari Speedweek.com, Senin (15/2/2021).

Dikatakan Herve, pebalap mana pun bisa menjadi pemenang di musim ini. Sebagian juga berpotensi raih gelar juara dunia, termasuk tim satelit.

"Ya. Hampir semua tim satelit sekarang menggunakan mesin yang sama, mereka mendapat dukungan yang sama dan dikembangkan bersamaan. Dan, tanpa mengurangi rasa hormat pada tim pabrikan, kami menang lebih banyak dari mereka," kata Herve.

Ditambahkan Herve, dirinya yakin tim satelit bisa menjadi juara dunia, berkat regulasi teknis yang berlaku, kemampuan pebalap, dan pabrikan yang terlibat di MotoGP.

Selain Tech3, tim satelit yang tampil kompetitif pada musim lalu adalah Pramac Ducati dan Petronas Yamaha. Ketiga tim satelit ini diyakini juga akan tampil kompetitif pada MotoGP 2021.

Tech3 kedatangan Danilo Petrucci, Pramac memiliki Johann Zarco dan Jorge Martin, lalu Petronas memiliki Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makin Kompetitif, Tim Satelit Berpotensi Raih Gelar Juara Dunia MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/15/182100315/makin-kompetitif-tim-satelit-berpotensi-raih-gelar-juara-dunia-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm