Ilustrasi es gabus yang ditusuk
Ilustrasi es gabus yang ditusuk ( SHUTTERSTOCK/ Setyo Hadi Joko Nugroho)

Buat Bernostalgia, Berikut Cara Membuat Es Gabus Jajanan Jadul

17 Februari 2021 14:10 WIB

SonoraBangka.id - Jajanan zaman dulu yang terbuat dari tepung hunkue adalah es gabus. Berbeda dengan es pada umumnya yang sulit digigit. Es gabus justru dapat dikunyah dengan mudah karena empuk teksturnya. Adonan tepung yang sudah dimasak akan dibekukan terlebih dulu supaya menjadi es. Resep es gabus sederhana dari buku "Resep Cake, Kue, & Dessert dari Dapur Tempo Doeloe"  oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut bisa dijadikan referensi.  Baca juga: Resep Es Coklat Pisang untuk Jualan, Bekukan Jadi Es Lilin

Resep es gabus 

Bahan

  • 60 gram tepung hunkue
  • 600 ml air tebu atau air gula 
  • 25 ml santan kental 
  • 1/4 sdt garam 
  • 1 tetes pewarna makanan kuning tua (sesuai selera)
  • Plastik tebal, potong-potong untuk membungkus 

Cara membuat es gabus 
1. Campur tepung hunkue dengan 100 ml air tebu. Aduk hingga tepung larut. Sisihkan. 

2. Masukkan sisa air tebu, santan, garam, dan pewarna makanan ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api. 

3. Tuang larutan tepung hunkue ke dalam panci berisi rebusan air tebu. Aduk hingga tercampur rata. Nyalakan api, masak kembali dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga meletup. Angkat. 

4. Tuang adonan hunkue ke dalam loyang berukuran 16x8x5 cm yang sudah dialasi plastik. Ratakan. Biarkan hingga dingin dan mengeras. 

5. Keluarkan adonan dari loyang. Potong-potong dengan tebal 1 cm, bungkus menggunakan plastik yang sudah disiapkan.  Masukkan ke dalam freezer, biarkan hingga membeku. Es gabus siap dinikmati.

Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Resep Es Gabus Sederhana, Jajanan Jadul Bikin Nostalgia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/17/132100175/resep-es-gabus-sederhana-jajanan-jadul-bikin-nostalgia?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm