Ilustrasi tahu susu kedelai yang dimasak.
Ilustrasi tahu susu kedelai yang dimasak. ( SHUTTERSTOCK/OKSANA MIZINA)

Lembut Seperti Tahu lembang, Berikut Cara Mmebuat Tahu Susu Kedelai

17 Februari 2021 14:33 WIB

SonoraBangka.id - Tahu susu kedelai bukan hanya dapat kamu beli, melainkan bikin sendiri di rumah. Resep tahu susu kedelai berikut terbilang simpel, hasilnya pun cukup untuk stok lauk beberapa hari. Sous Chef Hotel Santika Pasir Koja Siswanto membagikan cara membuat tahu susu kedelai ala rumahan yang teksturnya lembut seperti tahu susu lembang. "Rasanya mirip, tahu yang pakai susu kedelai juga rasanya tidak kalah gurih dari tahu susu Lembang, caranya juga lebih simple," ujar Siswanto kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Resep tahu susu kedelai

Bahan 

  • 25 butir telur
  • 2,5 liter susu kedelai
  • 38 gram tepung tapioka
  • 15 gram garam
  • 25 gram penyedap rasa ayam
  • Margarin secukupnya

Cara membuat tahu susu kedelai

  1. Pecahkan semua telur. Aduk rata menggunakan spatula. Jangan pakai mixer agar telur tidak mengembang.
  2. Dalam wadah terpisah, larutkan garam dan penyedap rasa. Hindari mencampur langsung dengan telur agar tidak menggumpal.
  3. Masukkan tepung tapioka dan susu kedelai dalam campuran garam. Tambahkan adonan telur. Aduk rata.
  4. Siapkan wadah tahan panas bentuk segi empat. Olesi sisi dalamnya dengan margarin. Tuang adonan ke dalam wadah.
  5. Panaskan steamer atau panci kukusan sampai suhu 160 derajat celsius. Kukus adonan selama 40 menit. Tidak usah tutup alat kukusan terlalu rapat saat memasak tahu untuk memberi ruang udara.
  6. Kalau sudah matang. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin. Keluarkan tahu susu dari wadah. Potong sesuai selera. Tahu susu kedelai dapat kamu olah menjadi sajian kesukaan maupun langsung makan begitu saja.

Catatan: susu kedelai dapat diganti dengan susu segar atau susu UHT. Namun, disarankan memakai susu kedelai agar hasil tahu lebih gurih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Tahu Susu Kedelai Rumahan, Lembut Seperti Tahu Susu Lembang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/16/210700075/resep-tahu-susu-kedelai-rumahan-lembut-seperti-tahu-susu-lembang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm