Ilustrasi cendol singapura dengan topping kacang merah.
Ilustrasi cendol singapura dengan topping kacang merah. ( PIXABAY/JASON GOH)

Pakai Kacang Merah, Berikut Ini Cara Membuat Cendol Singapura

18 Februari 2021 06:34 WIB

SonoraBangka.id - Cendol singapura masuk dalam daftar dessert terbaik 2021 versi CNN. Pada resep cendol singapura, biasanya menggunakan tambahan kacang merah. Baca juga: 50 Dessert Terbaik di Dunia Versi CNN, Ada Cendol Singapura Menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman seperti mengutip Kompas.com, cendol adalah minuman khas Asia Tenggara. Bisa ditemukan di negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bahan utama cendol lazimnya sama yaitu tepung, santan, dan gula merah. Namun, beda cendol dari negara di Asia Tenggara terletak pada isian tambahan. Cendol khas Malaysia biasa diberi irisan nangka, sedangkan di Sumatera Barat biasanya diberi potongan singkong. Sementara cendol singapura ditambahkan kacang merah, seperti pada resep dari Asian Food Network berikut. Nantinya akan jadi sekitar 8 porsi cendol singapura.

Resep cendol singapura

Bahan 

  • 150 gram gula melaka (gula merah atau gula jawa)
  • 200 ml santan
  • 30 gram tepung beras
  • 10 gram tepung tapioka
  • 10 gram tepung kacang hijau (hunkue)
  • 1 sdt ekstrak pandan
  • 12 lembar daun pandan, simpulkan per 2 lembar
  • 2 sdm brown sugar
  • 1/2 + 1 sdt garam
  • 355 ml air + 280 ml air
  • 10 sdm kacang merah rebus

Cara membuat cendol singapura 

  1. Sari pandan: blender 6 lembar daun pandan dengan 355 mililiter air sampai lembut. Saring dan sisihkan.
  2. Kuah santan: dalam panci, rebus santan dengan 1/2 sendok teh garam dan 4 simpul daun pandan. Masak sampai mendidih. Matikan api, biarkan dingin. Sisihkan.
  3. Sirup gula: siapkan panci lain. Campur gula melaka, 1 sendok teh garam, 2 simpul daun pandan, 280 mililiter air, dan 2 sendok makan brown sugar. Masak sampai gula melaka meleleh dan sedikit mengental. Sisihkan, biarkan dingin.
  4. Siapkan mangkuk besar. Masukkan tepung beras, tepung tapioka, tepung kacang hijau, sari pandan, dan 1 sendok teh ekstrak pandan. Campur rata.  Tuang adonan ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil aduk rata.
  5. Siapkan mangkuk besar berisi air es. Ambil adonan yang telah mengental. Masukkan ke dalam piping bag atau gunakan saringan. Semprotkan ke dalam air es. Lakukan sampai adonan habis. Biarkan cendol jadi padat.
  6. Dalam mangkuk saji, masukkan cendol dan kacang merah. Serut es batu. Siram sirup gula dan kuah santan. Langsung santap selagi dingin.

    Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Resep Es Cendol Singapura, Pakai Kacang Merah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/17/190400475/resep-es-cendol-singapura-pakai-kacang-merah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm