( Ist / Diskominfo Babel )

Pemprov Babel Optimis Target Swasembada Daging Sapi Dapat Terwujud

18 Februari 2021 09:50 WIB

SonoraBangka.id – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) optimis bahwa komoditas peternakan sapi akan mengalami peningkatan, sehingga target swasembada daging sapi di Babel akan terwujud.

Keyakinan tersebut ditegaskan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat melakukan panen sapi penggemukan dari program Kegiatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Dusun Air Jangkang, Desa Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (16/02/21).

Gubernur Erzaldi merasa bangga sekaligus mengapresiasi keberhasilan para petani menjalankan program penggemukan sapi melalui KUR dan terus mendorong keterlibatan petani dalam memelihara sapi guna mengembangkan bidang peternakan ini.

"Bayangkan satu ekor di awal dulu beratnya 450 kilo dan sekarang setelah kita timbang tadi beratnya 601 kilogram. Sekarang harganya 27 juta lebih dengan perhitungan per kilonya Rp46.000,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi menjelaskan dalam program ini telah disiapkan offtaker yang siap membeli hasil produksi para petani. Hal ini tentu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung yang saat ini di kuartal ke empat tahun 2020 mencapai minus 1.02 dan menempatkan Babel menjadi posisi terbaik kedua se-Sumatera dalam pertumbuhan ekonomi.

"Semoga program ini bisa diikuti oleh petani dan masyarakat lainnya sehingga kemandirian daging sapi dan komoditas peternakan lainnya betul-betul kuat. Kalau ketahanan pangan ini kuat maka saya yakin kesejahteraan masyarakat juga meningkat, " pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm