Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah
Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah ( Ist)

Wagub Abdul Fatah : Kartu Kendali LPG 3 Kg Agar Tepat Sasaran

18 Februari 2021 13:34 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan dengan sistem pendistribusian menggunakan kartu kendali, maka LPG 3 kilo akan tepat sasaran, tepat harga, tertib dan tidak ada antrian.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan LPG 3 kg, serta kuota yang ditetapkan pemerintah dapat terkendali, "tegasnya.

Tindak lanjut penertiban pendistribusian LPG 3 kilogram (kg) dalam peninjauan pemakaian BBM Premium (Ron 88) agar lebih tepat sasaran.

Dijelaskan Wagub Abdul Fatah ada enam kesepakatan untuk mengoptimalisasi pendistribusi LPG 3 kg, yakni :
1. Agar pengelolaan subsidi LPG 3 kg tepat sasaran, kabupaten/kota melakukan pemutakhiran database penerima LPG 3 kg untuk konsumen pengguna yaitu: rumah tangga miskin, usaha mikro, nelayan dengan kapal penangkapan ikan berukuran paling besar 5GT/13HP, petani dengan luas lahan kurang dari 0,5 hektar dan petani transmigrasi paling luas 2 hektar.
2. Agar tepat sasaran, penyaluran LPG 3 kg ke konsumen pengguna, Pemprov. Babel mempersiapkan pemberlakuan penggunaan kartu kendali.
3. Kabupaten/kota melakukan monitoring, pengawasan dan pengendalian ke agen dan pangkalan penyaluran LPG minimal 3 bulan sekali yang didampingi pihak Pemprov. Babel ( Disperindag Babel) dan pihak yang berwenang.
4. Pihak perbankan agar menyiapkan peralatan manual apabila daerah kabupaten/kota tidak tersedia jaringan internet.
5. Pemprov. Babel bersama kabupaten/kota meninjau kembali penetapam HET untuk LPG 3kg.
6. Membuat Surat Edaran Gubernur tentang pelarangan ASN, TNI, POLRI dan pegawai BUMN tidak berhak menerima LPG 3kg.

Sedangkan untuk rencana penghapusan BBM jenis Premium (Ron 88) diperoleh kesepakatan yakni:
1. Mensosialisasikan rencana uji coba penghapusan premium dan dampak penggunaan premium.
2. Melakukan pengurangan penyaluran premium di SPBU.
3. Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap penyimpangan penggunaan premium oleh para penyalur dan pengerit premium tentang keamanan dan keselamatan.

Kemudian terkait rencana penghapusan BBM premium, dijelaskan wagub bahwa, ada beberapa daerah yang telah melaksanakan kebijakan ini diantaranya Provinsi Sumatera Barat, Tangerang Selatan dan Bali yang sedang dalam tahap uji coba.

Dengan penghapusan BBM premium ini, diharapkan dapat mencegah dan mengendalikan pencemaran udara akibat sarana transportasi yang menggunakan BBM premium, BBM tidak akan disalahgunakan oleh pengerit untuk dijual kembali, pengisian BBM menjadi lebih tertib, dan dapat menambah pendapatan daerah dari pajak bahan bakar kendaraan bermotor.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm