Ilustrasi masker
Ilustrasi masker ( Shutterstock/Chyzh Galyna)

Terungkap, Satgas Covid-19 Sebut Penggunaan Masker seperti Ini Keliru

19 Februari 2021 10:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Ada sejumlah hal yang tak disarankan dalam penggunaan masker, ini disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Ia meminta agar masyarakat memahami hal tersebut agar penggunaan masker efektif mencegah penularan virus corona.

" Penggunaan masker yang benar sangat penting untuk meningkatkan efektivitas masker dalam mencegah penularan Covid-19," ucap Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021). 

Wiku menjelaskan, setidaknya ada tiga jenis masker yang bisa digunakan, yakni masker medis, masker kain, dan masker KN95.

Ia menyarankan supaya masyarakat tak menggunakan masker yang memiliki katup udara. Karena, keberadaan katup pada masker bisa menjadi celah masuknya virus.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk tidak menggunakan dua masker medis secara bersamaan.

Menggabungkan dua masker medis, ujar Wiku, tak dapat meningkatkan filtrasi virus. Wiku pun mengingatkan masyarakat agar tak melapisi masker KN95 dengan masker lainnya.

Masker jenis ini cukup digunakan secara tunggal. Untuk meningkatkan filtrasi virus, ia menyarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain.


Untuk meningkatkan filtrasi virus, ia menyarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain.

"Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakaiannya dan orang lain dibandingkan dengan hanya memakai masker kain saja atau masker medis saja," ucap Wiku.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm