Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan mengunjugi pelaku UMKM pengrajin lidi nipah di Dusun Sungai Dua Desa Kotawaringin Kecamatan Puding Besar, Kamis (18/2/2021)
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan mengunjugi pelaku UMKM pengrajin lidi nipah di Dusun Sungai Dua Desa Kotawaringin Kecamatan Puding Besar, Kamis (18/2/2021) ( Diskominfotik Bangka/ A Mangatas)

Kunjungi Pelaku UMKM, Ketua TP PKK Ajak Promosi Produk Melalui Galeri

19 Februari 2021 10:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan mengunjugi pelaku UMKM pengrajin lidi nipah di Dusun Sungai Dua Desa Kotawaringin Kecamatan Puding Besar, Kamis (18/2/2021).

Dalam Kunjungan tersebut, Yusmiati mengajak para penggiat kerajian untuk mengekspos dan memasarkan hasil produk ke Galeri Rafika Duri yang nantinya akan diresmikan.

Sejumlah produk kerajinan anyaman misalnya seperti tikar, perkakas, hingga kursi dapat dihasilkan oleh kelompok kerajinan masyarakat.

Sehingga, dengan promosi yang tepat tentu hal ini akan meningkatkan nilai jual dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Hasil produk mereka nantinya akan dimasukan kedalam galeri Rafika Duri yang berlokasi di Cokro Sungailiat. Jadi masyarakat yang hendak melihat atau membeli hasil produksi kerajinan tangan dapat langsung mengunjunginya nanti," ungkap Yusmiati.

Selain mengunjugi pengrajin lidi nipah, kunjungan juga dilaksankan menuju pengrajin batik yang berlokasi di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat.

Batik Krisanda menghasilkan bahan batik khas Bangka Belitung dan tentunya tidak kalah kualitas dengan batik dari luar.

Galeri Rafika Duri rencananya akan diresmikan pada akhir Februari mendatang dan akan turut mendatangkan artis Rafika Duri sebagai ikon peresmian.

Selain menampilkan hasil kerajinan tangan, nantinya juga akan menyajikan makanan dan minuman hasil produksi masyarakat.

"Masyarakat nantinya dapat menjajakan produk baik hasil kerajinan pangan ataupun makanan minuman untuk dijual. Tentapi tentunya harus memiliki izin produksi agar menjamin dari kualitas yang dijual," tutur Yusmiati.

Sementara itu, pemilik pengrajin Batik Krisanda, Ibu Eva menjelaskan protensi dari penjualan produk kerajinan dan batik memliki potensi yang besar.

Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerja bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm