Ilustrasi Mars
Ilustrasi Mars ( HAI Online)

Penjelajah NASA Sukses Mendarat di Mars, Rilis Foto Bentuk Permukaan

19 Februari 2021 12:07 WIB

BangkaSonoraID - Penjelajah NASA sukses mendarat dengan mulus di permukaan Mars pada Kamis (18/2/2021). Hal ini ditandai dengan munculnya foto permukaan Mars dari dekat yang dirilis NASA.

Sontak kabar pendaratan NASA di Mars ini menjadi trending topik di Twitter dan banyak yang ikut berbahagia atas pendaratan tersebut. Berikut ini foto permukaan Mars.

Melansir dari Kompas.com, pendaratan NASA di MARS ditandai dengan konfirmasi touchdown dari pemimpin operasi Swati Mohan sekitar pukul 15.55 di NASA Jet Propulsion Laboratory, dikutip dari AFP, Jumat (19/2/2021).

 Setelah mendarat, mereka akan memulai misinya untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

Prosedur pendaratan yang dipandu secara otonom selesai lebih dari 11 menit, waktu yang
diperlukan sinyal radio untuk ke Bumi. Selama beberapa tahun, penjelajah akan mengumpulkan 30 sampel batuan dan tanah yang akan dikirim kembali ke Bumi sekitar tahun 2030-an untuk analisis laboratorium.

Pesawat penjelajah itu berukuran SUV, dengan berat satu ton dan dilengkapi dengan lengan robotik sepanjang dua meter. Selain itu, pesawat tersebut memiliki dua mikrofon dan seperangkat instrumen mutakhir untuk membantu tujuan ilmiahnya.

Sebelum memulai pencarian, para penjelajah harus mengatasi "teror tujuh menit", yaitu
prosedur pendaratan berisiko yang telah merusak hampir 50 persen dari semua misi ke planet ini.

Tak lama setelahnya, pesawat ruang angkasa Mars 2020 meluncur ke atmosfer Mars dengan kecepatan 12.500 mil (20.000 kilometer) per jam dan dilindungi oleh pelindung panasnya.

 Ia kemudian mengerahkan parasut supersonik seukuran lapangan, sebelum menembakkan jetpack bermesin delapan untuk memperlambat penurunannya.

Meski demikian, pesawat tersebut memiliki teknologi pendaratan baru untuk membantunya menavigasi saat turun, termasuk "Terrain Relative Navigation" yang menggunakan kamera khusus guna mengidentifikasi fitur permukaan dan membandingkannya dengan peta di pesawat.

Kabar pendaratan NASA di Mars ini begitu penting, selain menjadi sejarah baru, pendaratan ini penting untuk tujuan ilmiah agar mengetahui lebih banyak informasi tentang Planet Mars. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm