Ilustrasi
Ilustrasi ( pethabitat.co.za)

Jadi Penghasilan Tambahan, Yuk Mulai Buat Aquascape dengan 3 Tips Ini

23 Februari 2021 08:28 WIB

SonoraBangka.id - Menurut Gardening Know How, aquascape adalah aktivitas menciptakan landskap bawah air di sebuah akuarium dengan menaruh berbagai jenis tanaman dan batu-batuan.

Apalagi di tengah masa pandemi ini, aquascape menjadi salah satu hobi yang trennya semakin meningkat, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan tambahan.

Seorang aquascaper juga bisa memasukkan ikan dan makhluk air lainnya ke dalam akuarium untuk mempercantik landskap tersebut.

Nah, jika kamu seorang aquascaper dan berminat menjadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan tambahan, Wendy Kurniawan, seorang aquascaper sekaligus pelaku bisnis aquascape membagikan tipsnya, nih.

Wendy mengakui bisnis aquascape yang ditekuninya berkembang semakin pesat di tengah pandemi.

Menurutnya, pasar terbesar bisnis ini adalah para pekerja yang sedang mencari hobi baru.

Ia mengaku hanya menjual ratusan ribu Rupiah saja ketika memulai bisnis aquascape.

"Berawal dari harga ratusan ribu, sekarang aquascape termahal yang pernah saya jual harganya sampai Rp 100 juta."

"Itu akuarium terbesar yang saya buat, ukurannya sekitar empat meter."

Hal itu diungkapkan Wendy dalam serial video YouTube BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru), berjudul "Tips Bisnis Aquascape: Modal Tipis Untung Berlapis".

BERGURU adalah konten mingguan yang dirilis oleh Ninja Xpress sebagai bagian dari dukungan terhadap UKM dan merek lokal.

Wendy membagikan beberapa tips yang bisa dipraktikkan jika kamu ingin memulai hobi aquascape untuk kemudian dikembangkan menjadi sumber penghasilan tambahan:

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm