Mesin cuci
Mesin cuci ( ahs.com)

Cegah Masalah di Rumah, Berikut 6 Benda yang Harus Rajin Dibersihkan

3 Maret 2021 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang, membersihkan secara berkala beberapa bagian rumah yang tersembunyi mungkin adalah pekerjaan yang merepotkan, namun kita harus melakukannya.

Sebab, jika diabaikan terlalu lama, penumpukan kotoran di tempat yang salah dapat menyebabkan kerusakan, atau bahkan bencana rumah seperti kebakaran maupun banjir.

Berikut adalah enam benda penting yang harus dibersihkan secara teratur untuk menghindari masalah yang lebih besar.

1. Kondensor kulkas

Kondensor yang berdebu membuat kulkas bekerja lebih keras, sehingga membuatnya kurang hemat energi dan memperpendek masa pakainya.

Perhatikan, bahwa beberapa kulkas memerlukan teknik pembersihan sendiri secara khusus, sementara yang lainnya harus dibersihkan oleh seorang profesional.

Bersihkan kondensor kulkas dua kali setahun dan lebih sering jika kita memiliki hewan peliharaan.

Sebelum melakukannya, temukan kondensor yang biasanya ditutupi oleh panel di bagian depan bawah atau di belakang kulkas.

Cabut kulkas atau matikan listrik. Kemudian, pindahkan isi kulkas untuk meringankan beban dan memberi kesempatan membersihkannya sekaligus.

Kita dapat membersihkan debu yang ada di kondensor dan kipas freezer dengan menggunakan alat vakum.

2. Filter mesin pencuci piring

Jika mesin pencuci piring kita memiliki filter manual-clean dan kita tidak merawatnya, pada titik tertentu kita akan melihat bau atau noda makanan di piring bersih.

Filter pada mesin pencuci piring perlu dibersihkan setidaknya setiap sekali sebulan. Cari filter di bawah rak bawah dan lepaskan.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm