Buaya muara, ukuran empat meter di Kampak Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang, ditangkap di Sungai Kulan Tuatunu Gerunggang Kota Pangkalpinang, Rabu (3/3/2021).
Buaya muara, ukuran empat meter di Kampak Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang, ditangkap di Sungai Kulan Tuatunu Gerunggang Kota Pangkalpinang, Rabu (3/3/2021). ( Bangkapos.com/ Yuranda)

Warga Kampak Tangkap Dua Ekor Buaya di Sungai Kulan Pangkalpinang

4 Maret 2021 09:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Warga di daerah Kampak, Jerambah Gantung, Pangkalpinang menangkap dua ekor buaya muara pada Rabu, (3/3/2021) kemarin.

Melansir Bangkapos.com, disebutkan bahwa dua buaya yang berukuran 2,5 meter dan 4 meter ditangkap warga di Sungai Kulan Tuatunu, Gerunggang, Kota Pangkalpinang Rabu, (3/3/2021) sore menggunakan umpan.

Umpan yang digunakan yakni seekor monyet dan akhirnya membuahkan hasil. Buaya yang sudah meresahkan masyarakat sekitar itu pun ditangkap dan diangkat oleh warga.

 

Reptil ganas tersebut diangkat dengan cara dipasung menggunakan tali, dan kayu, sehingga memudahkan warga untuk membawanya ke pondok di sekitar.

Sebelumnya, buaya yang berukuran 2,5 meter terlebih dahulu ditangkap, selanjutnya diletakkan di pondok berukuran kurang lebih 4 meter persegi, buaya itu pun mati.

Mengetahui buaya itu sudah mati, masyarakat langsung mengubur buaya tersebut di daerah sekitar. Tak lama berselang pawang buaya dan masyarakat berhasil menangkap buaya muara berukuran empat meter.

Sama halnya dengan buaya sebelumnya, reptil ganas ini itu pun langsung dipasung dan diangkat ke Pondok tersebut, menjadi tontonan warga setempat.

Masyarakat Kampak, Jerambah Gantung, berbondong-bondong melihat buaya tersebut. Untuk melihat buaya yang berukuran empat meter, pengujung harus membayar uang masuk seikhlasnya.

"Buaya ini ada dua, yang ukuran 2,5 meter pagi ditangkap, tapi sudah mati kami kuburkan di sana (menujukan tempat--red), ini dapat lagi ukurannya 4 meter, tapi ini juga sudah mati," kata Deden, warga Kampak, Jerambah Gantung, Kota Pangkalpinang, Rabu (3/3/2021)

Ia mengatakan, buaya yang ada di Sungai Kulan, ini sudah merasakan masyarakat, untuk mengantisipasi supaya tidak ada korban jiwa akibat keganasan buaya, masyarakat berinisiatif menangkap buaya tersebut.

"Kami tangkap karena takut ada korban. Itu uang masuk bayar seikhlasnya," katanya. Saat ini, warga bersama pawang buaya sedang berusaha menangkap buaya yang lainnya.

"Pawang dan masyarakat masih menangkap buaya lagi, ada tingga bakalan kami tangkap," terangnyanya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Dua Buaya Jumbo Ditangkap Warga Kampak Pangkalpinang Menggunakan Pancing dengan Umpan Monyet

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm