( Ist / Diskominfo Babel)

Gandeng UBB, Pemprov Babel Percepat Kehadiran Fakultas Pariwisata di Belitung

5 Maret 2021 09:23 WIB

SonoraBangka.id - Dalam rangka mengembangkan destinasi pariwisata skala internasional, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan SDM di sektor pariwisata dengan pendirian Fakultas Pariwisata di Pulau Belitung dengan menggandeng Universitas Bangka Belitung (UBB). Hal tersebut menjadi bahasan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur, (4/3/21).

"Keberadaan Fakultas Pariwisata UBB sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) demi menunjang sektor pariwisata di Babel," kata Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah.

Wagub Abdul Fatah mengatakan, kehadiran Fakultas Pariwisata dengan menggandeng Universitas Bangka Belitung (UBB), sudah didukung dengan kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Belitung dan tersebarnya SMK Pariwisata di Babel yang memudahkan penerimaan mahasiswa/mahasiswi pada Fakultas tersebut.

Untuk mendukung hal tersebut, harus diperkuat dengan surat rekomendasi, baik dari provinsi maupun Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk disampaikan Universitas Bangka Belitung kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pendirian fakultas tersebut.

"Minggu depan paling lama, provinsi akan menyerahkan surat tersebut ke UBB, saya minta Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk segera action menyelesaikan surat tersebut," tegasnya

Menurutnya, potensi wisata Bangka Belitung tak akan berarti jika tak didukung adanya SDM pariwisata yang ahli. Padahal, Bangka Belitung memiliki potensi wisata yang besar mulai dari wisata bahari, kuliner, hingga sejarah.

Oleh karena itu, lanjutnya, fakultas pariwisata menjadi salah satu kunci penting untuk pengembangan SDM pariwisata di Bangka Belitung.

Ia berharap semoga Fakultas Pariwisata UBB ini segera terealisasi sehingga, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat serta memberikan sarana pendidikan bagi warga Bangka Belitung maupun Indonesia secara umum.

Sementara itu, Rektor UBB, Ibrahim menjelaskan progres UBB untuk mendorong kehadiran Fakultas Pariwisata di Belitung, di antaranya memasukkan program studi pada rencana induk pengembangan kampus, beraudiensi dengan Bupati Belitung dan Belitung Timur, serta Direktorat Kelembagaan dan Dirjen Dikti Kemendikbud.

"Saat dilantik, saya berkomitmen untuk tetap membangun fakultas di Belitung, karena ini Universitas Bangka Belitung, bukan Universitas Bangka," tegasnya.

Dirinya menambahkan, dengan kehadiran Fakultas Pariwisata UBB ditargetkan bukan hanya menyasar masyarakat Babel tetapi masyarakat luar provinsi Babel juga. Selain itu, dapat mendorong ekonomi lokal dan juga mempercepat branding pariwisata Belitung itu sendiri.

"Kami berharap ada surat dukungan dari pemerintah provinsi, Kabupaten Belitung dan Belitung Timur terkait pendirian fakultas pariwisata tersebut," harapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm