Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Buka Izin Pertunjukan Musik Secara Bertahap, Dengan Syarat!
Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Buka Izin Pertunjukan Musik Secara Bertahap, Dengan Syarat! ( HAI Online)

Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Buka Izin Pertunjukan Musik Secara Bertahap, Dengan Syarat!

5 Maret 2021 16:27 WIB

BangkaSonoraID - 

Kabar gembira buat kalian yang kangen nonton pertunjukan musik langsung. 

Belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akhirnya merespon surat terbuka 14 asosiasi pekerja seni pertunjukan
 
Sandi seperti dilaporkan KompasTV, Jumat (4/3/20212) menyetujui untuk mengizinkan seni pertunjukan kembali digelar secara bertahap.

"Terima kasih untuk bapak Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang mengangkat isu yang berkaitan dengan konser musik dan beberapa event lain, dari musik, teater, film bisa dibuka secara bertahap dan kami sangat bersepakat," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/03/2021) kemarin.

Sandi juga disebut telah bertemu dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada beberapa waktu lalu. Kini, Kemenparekraf dan Polri sedang menyusun panduan pelaksanaan seni pertunjukan di masa pemulihan pandemi covid-19.

Sehingga fokus pembahasannya bukan lagi 'kapan' seni pertunjukan diadakan, tapi bagaimana mengadakan seni pertunjukan dengan jaminan tidak melanggar protokol kesehatan. 

Panduan itu bakal meliputi kebersihan, kesehatan, keselamatan dan pelestarian lingkungan (CHSE).

 "Kami mengizinkan kegiatan pertunjukan secara bertahap sesuai dengan status zona dari kawasan tempat berlangsungnya acara," ujar Sandi.

Dengan begitu, kegiatan pertunjukan yang berlangsung di kawasan zona merah Covid-19 masih dilarang untuk digelar.

Sedangkan kawasan yang berstatus zona kuning akan diterapkan kegiatan berkonsep hybrid, yakni pertunjukan langsung yang dikombinasikan dengan virtual.

Sementara zona hijau rencanannya akan diperkenankan untuk digelar seni pertunjukkan, dengan syarat berlangsung dengan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

"Kita berharap dengan dibukanya kembali dan diselenggarakannya event-event ini akan menggairahkan ekonomi rakyat tanpa menimbulkan risiko baru peningkatkan kasus covid-19. Itu yang menjadi harapan kami, dan kami akan pastikan dan pimpin secara langsung," terang Sandi. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm