ILustrasi
ILustrasi ( Shutterstock )

3 Perubahan Tubuh yang Terjadi saat Menopause, Wanita Wajib Tahu

8 Maret 2021 09:00 WIB


SonoraBangka.Id - Menjelang masa menstruasi wanita biasanya rentan mengalami beberapa perubahan pada kondisi rambut dan kulit karena fluktuasi hormon.

Tahukah Anda bahwa hal yang sama juga bisa terjadi pada wanita yang mengalami menopause? Adanya perubahan kulit dan rambut di masa menopause sebenarnya hal yang wajar terjadi.

Pasalnya, hormon estrogen menurun dengan drastis di masa menopause. Estrogen meningkatkan retensi air dan kekenyalan di kulit.

Ketika estrogen turun, beberapa molekul yang membantu menjaga kelembapan kulit pun menghilang.

Estrogen juga berkontribusi pada pertumbuhan rambut. Tanpa hormon estrogen yang mencukupi, rambut bisa menipis.

Berikut beberapa perubahan yang kerap terjadi pada rambut dan kulit saat menopause:

  1. Kendur dan kehilangan kekenyalan

Kolagen adalah protein yang menyatukan jaringan tubuh. Saat estrogen turun, produksi kolagen kulit juga menurun.

Hilangnya kolagen mengakibatkan kekencengan dan kekenylan kulit berkurang. Untuk mengatasinya, perbanyaklah mengonsumsi suplemen kolagen atau makanan berkolagen tinggi seperti kaldu tulang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm