( Ist )

Wagub Abdul Fatah : Babel Butuh Alat Tambahan Donor Plasma Konvalesen

8 Maret 2021 09:31 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Abdul Fatah mengatakan Babel sudah memiliki alat untuk melakukan Donor Plasma Konvalesen seperti Alat Apheresis, Plasma Freezer dan Blood Refrigerator.

"Kita berharap mendapat perhatian pemerintah pusat. Dalam hal penyediaan alat pengukur tensi manual dari alat yang menggunakan sistem digital. Disamping dalam menjaga keutuhan penanganan untuk mempercepat kesembuhan pasien Covid-19, pihaknya mendorong penerapan terapi plasma konvalesen,"kata Wagub Abdul Fatah belum lama ini.

Namun untuk dapat melaksanakan kegiatan Donor Plasma Konvalesen tersebut, dibutuhkan tambahan alat kesehatan diantaranya :

1. Alat kesehatan (alkes) untuk pemeriksaan screening IMLTD metode immunoassay atau NAT.

2. Alkes untuk pemeriksaan titer antibodi netralisasi SARS-COV-2 kuantitatif.

3. Alkes untuk pemeriksaan screening antibody golongan darah.

4. Tempat Tidur Donor, Mikropipet, Plasma Towel, dan Alat Crosmatch.

"Maka PMI Babel berencana akan menjadi penyedia plasma konvalesen yang dimaksud," terang Wagub Abdul Fatah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono menyatakan, kesiapannya untuk membantu mencarikan solusi.

Sebelumnya, Wamen Dante menerangkan situasi pandemi Covid-19 saat ini serta penanganan yang telah dilakukan melalui vaksinasi. Pihaknya sangat berharap, pemerintah daerah dapat mendukung kelancaran vaksinasi ini yang direncanakan selesai di akhir Februari untuk tahap pertama bagi tenaga medis.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm