Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

3 Penyebab Langit-langit Mulut Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya

9 Maret 2021 19:10 WIB


SonoraBangka.Id - Langit- langit mulut terasa gatal adalah gangguan kesehatan yang jamak dialami sebagian orang.

Tak hanya gatal, langit-langit mulut yang sedang bermasalah terkadang juga terasa geli atau panas. Rasa tidak nyaman di langit-langit mulut ini terkadang bisa menjalar ke bibir sampai tenggorokan. 

Berikut beberapa penyebab langit-langit mulut terasa gatal dan cara mengatasinya:

1. Alergi

Langit-langit mulut terasa gatal atau kesemutan bisa disebabkan reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Sebagian makanan seperti apel, seledri, kacang-kacangan, ikan, kerang, telur, susu, kedelai, sampai gandum mengeluarkan protein yang bisa memicu alergi.

Reaksi alergi ini mirip seperti alergi serbuk sari. Selain gatal dan kesemutan di mulut, gejala alergi makanan lainnya yakni tenggorokan gatal, mulut dan tenggorokan kemerahan, bibir dan lidah bengkak.

Alergi ringan dapat sembuh sendiri setelah tubuh bisa mencerna protein pemicu alergi. Apabila tidak tahan dengan alergi, konsultasikan ke dokter untuk minum obat anti-alergi.

Di beberapa kasus yang parah, orang yang mengalami alergi bisa sampai mengalami anafilaksis. Gejalanya berupa pusing, detak jantung cepat, dan mual. Anafilaksis adalah kondisi darurat yang membutuhkan penanganan medis segera.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm