Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Ini 10 Penyebab Sakit Saat Kencing dan Gejalanya Yang Anda Harus Tahu

11 Maret 2021 11:09 WIB


SonoraBangka.Id - Ada kalanya beberapa orang mengalami sakit saat kencing atau buang air kecil. Rasa sakit saat kencing ini bisa berupa nyeri, tidak nyaman, atau rasa panas saat buang air kecil.

Kencing terasa nyeri bisa berasal dari masalah kesehatan di kandung kemih, uretra, prostat, sampai alat kelamin.

Di dunia kesehatan, kencing sakit dikenal dengan istilah disuria. Masalah kesehatan ini bisa terjadi pada wanita maupun pria.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab sakit saat kencing yang biasanya dialami pria dan wanita:

1. Infeksi saluran kencing

Sakit saat kencing adalah gejala utama infeksi saluran kencing. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri atau radang di saluran kemih seperti uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal.

Karena bentuk anatomi saluran kencingnya berbeda, wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kencing dibandingkan pria.

2. Penyakit menular seksual

Penyebab sakit saat kencing juga bisa berasal dari penyakit menular seksual seperti herpes, gonore, dan klamidia.

Penyakit menular seksual acapkali tidak menimbulkan gejala spesifik selain kencing terasa sakit. Untuk itu, penting bagi setiap orang yang sudah aktif berhubungan seks untuk menjalani tes penyakit menular seksual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm