Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/VOVAKLAK )

Baju Berbahan Dasar Linen Ternyata Banyak Manfaat, Walau Sulit Rapi !

13 Maret 2021 15:47 WIB

SonoraBangka.id - Bahan kain linen adalah salah satu kain atau bahan pakaian yang dikategorikan dalam bahan kain yang memiliki tekstur dan karakter yang spesial.

Karena bahan kain linen ini terbuat dari serat tumbuhan alami yaitu tumbuhan rami yang mempunyai tekstur yang lembut dan berkilau.

Pakaian yang berbahan dasar linen memiliki tekstur yang memungkinkan baju sulit rapi ketika disetrika.

Bahan ini memang dikenal memiliki serat yang cenderung lebih kasar dibandingkan katun, bahkan ada pula yang mengalami kesulitan saat menyetrika pakaian berbahan dasar linen.

Bahan linen memang harus dijaga dengan treatment khusus agar kualitasnya tetap prima, seperti:

- Jika warna linen terang, seperti hijau, biru, ungu, jangan digabung saat mencucinya.

- Cuci di suhu ruang

- Hindari setrika langsung terkena kain.

Lapisi kain dengan katun tipis dan suhu tinggi. Hal ini Sahabat NOVA lakukan agar bahan tidak menciut ataupun mengkilap

- Penempatannya lebih baik digantung atau diletakkan di posisi paling atas pada tumpukan baju. Karena jika tertimpa banyak pakaian, akan menimbulkan garis pada serat yang sulit disetrika

- Jangan dibleaching

Ya, walaupun terdengar repot, tetapi bahan ini memiliki banyak kelebihan. Tak ayal bahan linen merupakan salah satu bahan populer yang digunakan di seluruh dunia.

Serat kain linen merupakan salah satu bahan yang tertua di dunia. Menurut berbagai sumber, penduduk Asia Tengah sudah mulai menggunakan bahan ini sejak 30.000 SM.

Serat kain linen ini merupakan serat bahan nabati sehingga lebih sustainable.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm